SEKILAS INFO
: - Selasa, 28-09-2021
  • 1 bulan yang lalu / Pemenang Lomba Guru Menulis SMKN 1 Tuntang akan diumumkan hari ini pukul 09.45 WIB.
  • 1 bulan yang lalu / SMKN 1 Tuntang mengucapkan Dirgahayu Propinsi Jawa Tengah ke 71
  • 1 bulan yang lalu / SMKN 1 Tuntang mengucapkan Selamat Tahun Baru Islam 1443 H
Memilih Laptop Sesuai dengan Kebutuhan

Banyak brand laptop menawarkan fitur-fitur teknologi yang disematkan pada produknya. Tak ayal banyak calon konsumen bingung harus memilih brand yang mana. Oleh karena itu berikut ini beberapa tips agar kita tidak menyesal telah membeli produk yang telah kita pilih.

Pertama, tentukan apakah akan membeli laptop baru atau bekas. Pastikan kita akan membeli laptop baru atau bekas sesuai dengan dana yang tersedia. Bila ingin beli bekas, pastikan barang dalam keadaan siap kerja. Namun, kelemahan dari barang bekas adalah performanya sudah berkurang karena sudah dipakai lama, dan ada kemungkinan akan mengecewakan. Usahakan membeli laptop baru karena selain mendapat garansi dari toko, usia pemakaiannya masih minimum sehingga performa barang bisa sesuai spesifikasinya.

Kedua, pilihlah sistem operasinya. Sebagai contoh, Mac OS Sistem, operasi ini memiliki antivirus yang bisa dikatakan sangat kuat. jadi jika kita membeli MacBook maka kemungkinan besar semua data pekerjaan kita dapat dengan aman disimpan tanpa harus terkena virus atau malware. Hal ini tentu menjadi sangat efektif, terutama bagi seorang editor video. Selain itu, ada sistem operasi Windows 10, merupakan versi terbaru dari Microsoft setelah Windows 8.1. Windows 10 sudah dilengkapi dengan digital assistant bernama Cortana. Dengan Corta kita hanya cukup memanggilnya dengan mengucapkan “Hey Cortana” maka dia akan bersiap menerima perintah yang kita inginkan. Kemudian ada Chrome OS. Sistem operasi ini juga dapat menjalankan beberapa aplikasi android yang ada di smartphone android kita.

Ketiga, memilih fasilitas 2 in 1 sesuai kebutuhan, hybird atau konvensional. Daya tahan dari baterainya kadang memiliki kelemahan. Kebanyakan hanya mampu bertahan Screen on Time selama kurang lebih 60 sampai dengan 90 menit. Kemudian, pilihlah ukuran laptop yang sesuai. Standar ukuran layar laptop yaitu 11 sampai 12 inchi, cocok untuk anak-anak yang bersekolah. Lalu untuk ukuran yang lebih besar 13 sampai 14 inchi. Untuk ukuran 15 inchi biasa digunakan oleh para guru maupun mahasiswa. Ukuran 17 sampai 18 inchi digunakan oleh editor atau gamers.

Tips selanjutnya adalah tentang keyboard dan touchpad. Keyboard dan touchpad memang menjadi peran penting dari sebuah laptop. Keyboard dan touchpad dari setiap laptop memang memiliki perbedaan. Namun perbedaan ini disesuaikan kebutuhan pengguna masing-masing. Jangan lupa untuk menentukan spesifikasinya. Laptop memiliki beberapa bagian di dalamnya, seperti prosesor, hard drive, RAM, VGA dan lainnya. Selain itu, pilihlah laptop dengan daya tahan baterai berkisar lebih dari 2 (dua) jam. Sebelum Anda membeli laptop, pastikan merk sebuah laptop yang akan Anda beli tersebut terjamin sekali kualitasnya.

Berikutnya adalah pastikan keamanannya. Data-data yang ada di laptop kita bisa diambil oleh orang yang tak bertanggung jawab. Untuk itu, diperlukan suatu pengamanan khusus, seperti fingerprint sensor. Lalu pastikan laptop anda mendapatkan garansi, agar mendapat produk yang baik dan tidak cacat. Pastikan juga laptop yang akan kita beli memiliki kelengkapan dan konektivitas seperti LAN, WiFi, dan Bluetooth. Terakhir, pilihlah laptop berdasarkan kebutuhan agar laptop bisa digunakan secara maksimal.

 

Penulis : M. Achmadi, S.Pd.Kom.

Editor : Nurul Rahmawati, M.Pd.

Pengumuman sebelumnyaTips Mengerjakan PAS Pengumuman setelahnyaManfaat Belajar Matematika

Tefa Prodi TKJ

Majalah SMKN 1 Tuntang

Data Sekolah

SMKN 1 Tuntang

NPSN : 6990563

Jl. Mertokusumo Candirejo Tuntang Kabupaten Semarang
KEC. Tuntang
KAB. Semarang
PROV. Jawa Tengah
KODE POS 50131
TELEPON 081390220602
FAX 0723-1234567
EMAIL smkn1tuntang@gmail.com

Novel Karya Siswa

Toilet SMKN 1 Tuntang

Tefa Prodi Tata Busana

Laboratorium Komputer

Kalender

September 2021
S S R K J S M
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930