SEKILAS INFO
: - Minggu, 20-06-2021
  • 4 bulan yang lalu / SMKN 1 Tuntang mengucapkan Selamat Merayakan Imlek 2572
  • 11 bulan yang lalu / Selamat datang siswa baru SMKN 1 Tuntang tahun pelajaran 2020/2021
  • 1 tahun yang lalu / SMKN 1 Tuntang menerima peserta didik baru untuk tahun pelajaran 2020/2021. Info detail silahkan klik link berikut : https://bit.ly/PPDBSMKN1Tuntang
Investasi Kesehatan dengan Aerobik

Senam aerobik secara umum adalah olahraga yang menitikberatkan pada peningkatan fungsi jantung dan pernapasan. Tentu, manfaat yang didapatkan tidak hanya berkutat pada dua organ tersebut. Sebab, manfaat senam aerobik ternyata bisa terasa untuk kesehatan secara keseluruhan. Jogging, berenang, dan bahkan kickboxing, juga termasuk sebagai latihan aerobik. Jenis olahraga ini sering dikenal dengan nama olahraga kardio. Berikut ini merupakan beberapa manfaat senam aerobik bagi tubuh kita jika dikerjakan secara rutin.

Pertama, untuk membakar kalori. Salah satu kelebihan dari senam aerobik adalah olahraga ini bisa membantu membakar banyak kalori, sehingga cocok untuk membantu menurunkan berat badan dan mencegah berat badan kembali naik. Jika dipadukan dengan mengonsumsi makanan sehat yang rendah kalori, maka berat badan ideal akan semakin cepat tercapai. Kedua, baik untuk kesehatan jantung. Melakukan senam aerobik akan membuat jantung menjadi lebih sehat, serta darah akan dipompa secara lebih efisien ke seluruh tubuh. Selain itu, olahraga ini juga dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik di dalam darah.

Ketiga yaitu meningkatkan stamina tubuh. Saat pertama kali memulai senam aerobik, tubuh mungkin akan terasa kelelahan. Namun, jika Anda melakukannya secara teratur, lama-kelamaan stamina tubuh akan meningkat dan rasa lelah akan berkurang. Kekuatan jantung, paru-paru, tulang, hingga otot Anda juga akan meningkat, seiring berjalannya waktu. Keempat, yakni mengontrol kadar gula darah. Berolahraga, termasuk dengan melakukan senam aerobik secara teratur dapat membantu mengatur kadar insulin di tubuh dan membuat kadar gula darah juga ikut terkontrol.  Kelima, menurunkan tekanan darah. Hal ini bisa terjadi karena gerakan senam aerobik bisa melatih jantung. Dengan rutin melakukan senam ini, gejala-gejala hipertensi yang ada juga dapat mereda.

Keenam yaitu memperkuat daya tahan tubuh. Olahraga ini akan mengaktifkan sistem imun tubuh, membuat Anda menjadi lebih kebal dari penyakit-penyakit ringan seperti flu dan batuk. Ketujuh, membuat tidur jadi lebih nyenyak. Melakukan latihan kardio bisa membuat Anda tidur lebih nyenyak di malam hari. Namun, perhatikan juga waktu Anda melakukannya. Jangan sampai, Anda berolahraga kelewat malam dan terlalu dekat dengan jam tidur. Paling lambat, Anda boleh berolahraga dua jam sebelum tidur. Manfaat selanjutnya adalah dapat membuat cara kerja otak jadi lebih maksimal. Olahraga ini dinilai dapat memperlambat hilangnya jaringan otak dan meningkatkan kemampuan kognitif seseorang.

Terakhir, aerobik dapat mengurangi risiko jatuh. Pada orang yang berusia di atas 65 tahun, jatuh merupakan risiko yang berbahaya dan kerap terjadi. Jika sudah terjadi, berbagai akibat merugikan seperti patah tulang dapat terjadi. Melakukan senam aerobik, dapat menurunkan risiko jatuh. Sebab, olahraga ini dapat melatih keseimbangan dan kelincahan para lansia. Tentu, manfaat ini tidak bisa didapatkan dalam satu kali usaha dan harus dilakukan secara rutin.

 

Penulis : M. Samhojin, A.Md.

Editor : Nurul Rahmawati, M.Pd.

Pengumuman sebelumnyaPentingnya Pendidikan Karakter Pengumuman setelahnyaTips Mengerjakan PAS

Tefa Prodi TKJ

Majalah SMKN 1 Tuntang

Data Sekolah

SMKN 1 Tuntang

NPSN : 6990563

Jl. Mertokusumo Candirejo Tuntang Kabupaten Semarang
KEC. Tuntang
KAB. Semarang
PROV. Jawa Tengah
KODE POS 50131
TELEPON 081390220602
FAX 0723-1234567
EMAIL smkn1tuntang@gmail.com

Novel Karya Siswa

Toilet SMKN 1 Tuntang

Tefa Prodi Tata Busana

Laboratorium Komputer

Kalender

Juni 2021
S S R K J S M
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930