SEKILAS INFO
: - Jumat, 12-08-2022
  • 6 bulan yang lalu / SMK Negeri Satu Atap Tuntang membuka pendaftaran penerimaan anggota OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah) tahun pelajaran 2022/2023, bagi peserta didik yang masih aktif bersekolah di SMKN Satu Atap Tuntang. Pendaftaran ini dilakukan melalui tautan Google Form yang dibagikan melalui grup WhatsApp kelas, oleh masing-masing wali kelas. Melalui tautan yang telah dibagikan, peserta didik harus mengisi...
  • 7 bulan yang lalu / SMKN 1 Tuntang mengucapkan Selamat Tahun Baru 2022
  • 7 bulan yang lalu / SMKN 1 Tuntang mengucapkan Selamat Hari Natal bagi Umat Kristiani
Pentingnya Pendidikan Karakter

Pendidikan merupakan upaya perubahan dan perkembangan manusia ke arah yang lebih baik dan ideal. Ki Hajar Dewantara, Bapak Pendidikan Nasional Indonesia, menjelaskan pengertian pendidikan, “Pendidikan umumnya berarti daya upaya untuk memajukan budi pekerti (karakter, kekuatan bathin), pikiran dan jasmani anak-anak selaras dengan alam dan masyarakatnya.

Pendidikan karakter adalah satu hal yang dipercaya oleh masyarakat Indonesia, dapat menjembatani terbentuknya anak didik yang pintar, cerdas, berpengetahuan luas, berakhlak mulia, berkepribadian dan berkarakter. Dewasa ini sering kita saksikan adanya keterpurukan hasil pendidikan melalui sikap atau perilaku lulusan pendidikan formal. Yaitu munculnya perilaku-perilaku yang tidak terpuji dan cenderung merugikan pihak lain, seperti tawuran, pembunuhan, dan perampokan oleh pelajar. Sementara  pembelajaran daring atau jarak jauh difokuskan hanya pada peningkatan pemahaman anak didik.

Kemudian, bagaimana dengan penerapan pendidikan karakter? Menurut Ahmad Amin (1993) ada beberapa tips yang dapat menguatkan serta meninggikan pendidikan akhlak, di antaranya adalah: 1) Meluaskan lingkungan pikiran, 2) Berkawan dengan orang yang terpilih, 3) Membaca dan menyelidiki perjalanan para pahlawan dan yang berpikiran luar biasa, 4) Memberi dorongan kepada pendidikan akhlak, 5) Membiasakan melakukan kebaikan. Beberapa tips tersebut jika diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari akan dapat menumbuhkan jiwa yang baik, sehingga menimbulkan perbuatan yang baik juga bagi para peserta didik.

Untuk mewujudkan anak didik yang berkarakter, diperlukan upaya yang tepat melalui pendidikan. Karena pendidikan mempunyai peranan penting dan sentral dalam menanamkan, mentransformasikan dan menumbuhkembangkan karakter positif anak didik, serta mengubah watak anak didik yang tidak baik menjadi baik (Gunawan, 2014). Dengan uraian tersebut di atas, dapat disimpulkan bahwa pendidikan karakter pada intinya bertujuan membentuk anak didik yang tangguh, berakhlak mulia, berpatriotik, berorientasi ilmu pengetahuan dan teknologi, yang dijiwai oleh iman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

 

Penulis : Fajar Rosiati Jati, S.Pd.
Editor : Nurul Rahmawati, M.Pd.

Pengumuman sebelumnyaBerbahasa Indonesia Yang Baik Dan Benar Pengumuman setelahnyaInvestasi Kesehatan dengan Aerobik

Tefa Prodi TKJ

Majalah SMKN 1 Tuntang

Data Sekolah

SMKN 1 Tuntang

NPSN : 6990563

Jl. Mertokusumo Candirejo Tuntang Kabupaten Semarang
KEC. Tuntang
KAB. Semarang
PROV. Jawa Tengah
KODE POS 50131
TELEPON 081390220602
FAX 0723-1234567
EMAIL smkn1tuntang@gmail.com

Novel Karya Siswa

Toilet SMKN 1 Tuntang

Tefa Prodi Tata Busana

Laboratorium Komputer

Kalender

Agustus 2022
S S R K J S M
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031