SEKILAS INFO
: - Minggu, 20-06-2021
  • 4 bulan yang lalu / SMKN 1 Tuntang mengucapkan Selamat Merayakan Imlek 2572
  • 11 bulan yang lalu / Selamat datang siswa baru SMKN 1 Tuntang tahun pelajaran 2020/2021
  • 1 tahun yang lalu / SMKN 1 Tuntang menerima peserta didik baru untuk tahun pelajaran 2020/2021. Info detail silahkan klik link berikut : https://bit.ly/PPDBSMKN1Tuntang
Belajar Asik dengan Animasi Plotagon

Perkembangan teknologi yang pesat berpengaruh pada cara penyampaian materi pembelajaran dalam proses kegiatan belajar mengajar. Dalam proses pembelajaran di sekolah, diperlukan suatu model belajar mengajar yang memadai sehingga dapat menunjang perkembangan kemampuan berpikir siswa. Di samping itu generasi saat ini cenderung menyukai hal yang baru, menarik dan berbasis teknologi.

Sekolah harus mengupayakan cara baru melibatkan media yang dekat dengan siswa. Media pembelajaran adalah segala sesuatu yang digunakan untuk menyalurkan pesan serta dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian dan kemampuan belajar sehingga dapat mendorong terjadinya proses belajar yang disengaja, bertujuan dan terkendali. Apabila media itu membawa pesan-pesan atau informasi yang bertujuan instruksional atau mendukung maksud-maksud pengajaran maka media itu disebut media pembelajaran (Arsyad, 2010). Media pembelajaran merupakan media informasi kegiatan belajar sehingga mampu memberikan efektifitas dan interaktifitas dalam pembelajaran. Adanya media pada proses belajar mengajar, diharapkan dapat membantu guru dan siswa dalam pembelajaran visual, interaktif, menarik mudah dan cepat dimengerti.

Pelaku pendidikan yang terus beradaptasi dan berinovasi dengan gaya baru akan mendapat respon baik dari masyarakat. Saat ini mau tidak mau, dunia pendidikan dan semua pihak yang terlibat di dalamnya perlu bergerak cepat. Berinovasi dengan model belajar abad 21 yang berorientasi pada cara berfikir tingkat tinggi. Apabila tidak mau berubah, maka sumber daya manusia kita akan tidak mampu bersaing dengan sumber daya manusia dari negara lain.

Media yang dekat dengan generasi saat ini adalah media animasi. Animasi adalah urutan frame yang ketika diputar dalam frame dengan kecepatan tertentu, dapat menyajikan gambar bergerak lancar seperti sebuah film atau video. Animasi dapat juga diartikan menghidupkan gambar, sehingga anda perlu mengetahui dengan pasti setiap detail karakter yang dibuat, mulai dari tampak depan, belakang, dan samping. Selain itu juga dapat menampilkan detail muka si karakter dalam berbagai ekspresi seperti normal, diam, marah, senyum, tertawa, kesal, dan lainnya. Lalu pose atau gaya khas karakter bila sedang melakukan kegiatan tertentu menjadi ciri khas si karakter tersebut. Dengan bantuan komputer dan grafika komputer, pembuatan animasi menjadi sangat mudah dan cepat (Purnama, 2013).

Animasi plotagon adalah sebuah aplikasi yang mampu mengkreasikan film animasi dari setiap screenplay atau bagian. Aplikasi ini memudahkan para pembuat film amatir lebih inovatif, karena melalui alur yang dituliskan di platform tersebut, para penulis script dapat langsung mengetahui jalan cerita yang mereka tulis secara real-time. Setiap scene yang tampil, akan menyesuaikan dengan apa yang penulis gambarkan pada cerita. Bahkan para penulis dapat mengolah film secara detail, mulai dari segi dialog, tampilan animasi, dan aspek lainnya.

Dengan animasi plotagon siswa dapat menganalisis isi cerita dalam film yang ditampilkan. Mereka bahkan bisa ikut berperan aktif dalam pembelajaran. Mereka dapat dengan mudah mengunduh aplikasi animasi plotagon dari AppStore. Kreatifitas siswa pun dapat terasah dengan membuat film dan tema yang menarik. Pembelajaran berbasis proyek yang menantang akan terasa, ketika siswa diminta membuat video sesuai materi pelajaran. Di samping itu, akan sangat menyenangkan apabila siswa dapat berlomba-lomba mendesain karakter, warna, background, suara bahkan gerak-gerak dari masing-masing tokoh yang mereka kehendaki. Dengan media yang menyenangkan, siswa dapat menyerap materi pembelajaran dengan lebih mudah.

 

Penulis : Naumi Ambarwati, S.Th.

Editor : Nurul Rahmawati, M.Pd.

Pengumuman sebelumnyaMembangun Sekolah dengan Bahagia Pengumuman setelahnyaMinuman Sampah yang Menyehatkan

Tefa Prodi TKJ

Majalah SMKN 1 Tuntang

Data Sekolah

SMKN 1 Tuntang

NPSN : 6990563

Jl. Mertokusumo Candirejo Tuntang Kabupaten Semarang
KEC. Tuntang
KAB. Semarang
PROV. Jawa Tengah
KODE POS 50131
TELEPON 081390220602
FAX 0723-1234567
EMAIL smkn1tuntang@gmail.com

Novel Karya Siswa

Toilet SMKN 1 Tuntang

Tefa Prodi Tata Busana

Laboratorium Komputer

Kalender

Juni 2021
S S R K J S M
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930