SEKILAS INFO
: - Rabu, 25-05-2022
  • 3 bulan yang lalu / SMK Negeri Satu Atap Tuntang membuka pendaftaran penerimaan anggota OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah) tahun pelajaran 2022/2023, bagi peserta didik yang masih aktif bersekolah di SMKN Satu Atap Tuntang. Pendaftaran ini dilakukan melalui tautan Google Form yang dibagikan melalui grup WhatsApp kelas, oleh masing-masing wali kelas. Melalui tautan yang telah dibagikan, peserta didik harus mengisi...
  • 5 bulan yang lalu / SMKN 1 Tuntang mengucapkan Selamat Tahun Baru 2022
  • 5 bulan yang lalu / SMKN 1 Tuntang mengucapkan Selamat Hari Natal bagi Umat Kristiani
Microteaching FO oleh Telkom di SMKN Satu Atap Tuntang

Pada Kamis, 14 April sampai Jumat, 15 April 2022, Telkom dari Solo melaksanakan microteaching di SMK Negeri Satu Atap Tuntang. Microteaching tersebut berkaitan dengan adanya sumbangan laboraturium Fiber Optik atau yang disingkat dengan FO.  Kegiatan microteaching ini dipergunakan untuk mempersiapkan pengajar FO bersertifikat, untuk mengajar peserta didik jurusan TKJ (Teknik Komputer Jaringan). Materi FO disampaikan oleh trainer yang mumpuni dari perwakilan Telkom, yakni Satrio Andri dan Bayu.

Materi yang disampaikan meliputi yang pertama, pengenalan peralatan FO seperti alat ukur dan alat sambung. Di antaranya yaitu Fusion Splicer & Acc (termasuk cleaver, dan striper), JC (Joint Closure), OTB (Optical Termination Box), ODP (Optical Distribution Panel), OTDR (Optical Time Domain Reflectometer), OPM (Optical Power Meter), VLS (Visual Fault Locator), OLS (Optical Light Source), dan lain-lain. Kedua, cara menganalisis jaringan (layak dipakai atau tidak). Dan yang ketiga adalah – penyambungan kabel FO menggunakan Fusion Splicer.

Kegiatan microteaching ini dipergunakan untuk menjawab tantangan perkembangan jaman dan tuntutan industri dari kabel UTP (Unshielded Twisted Pair) ke kabel fiber optic. Selain itu microteaching juga dipergunakan untuk memahami keselamatan kerja ketika bekerja menggunakan fiber optic. Sebagai contoh dalam menggunakan topi pengaman, kacamata, alas kaki, kaos tangan dan lain-lain.

Pengalaman yang sangat menarik ini diikuti oleh 4 (empat) guru SMKN Satu Atap Tuntang. Salah satu guru bernama Iva Luthfiana, S.Pd., mengungkapkan pendapatnya, “FO merupakan istilah asing yang belum pernah saya dengar. Setelah saya mengikuti pelatihan FO selama dua hari yg diselenggarakan oleh Telkom, banyak ilmu yang saya pelajari antara lain pengertian FO, bagaimana mengatasi gangguan atau hambatan pada jaringan FO, hal-hal yang dilarang saat mengerjakan FO, manajemen waktu, serta komunikasi antar team satu sama lain. Dalam FO seorang teknisi dituntut harus sempurna dalam menjalankan tugasnya dan dibutuhkan ketelitian, karena kesalahan sedikit saja bisa berakibat fatal dalam hal waktu, pekerjaan pribadi maupun tim. Hal-hal tersebut merupakan prinsip yang harus dijalankan oleh seorang tekniksi FO.”

TINGGALKAN KOMENTAR

Tefa Prodi TKJ

Majalah SMKN 1 Tuntang

Data Sekolah

SMKN 1 Tuntang

NPSN : 6990563

Jl. Mertokusumo Candirejo Tuntang Kabupaten Semarang
KEC. Tuntang
KAB. Semarang
PROV. Jawa Tengah
KODE POS 50131
TELEPON 081390220602
FAX 0723-1234567
EMAIL smkn1tuntang@gmail.com

Novel Karya Siswa

Toilet SMKN 1 Tuntang

Tefa Prodi Tata Busana

Laboratorium Komputer

Kalender

Mei 2022
S S R K J S M
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031