SEKILAS INFO
: - Minggu, 14-08-2022
  • 6 bulan yang lalu / SMK Negeri Satu Atap Tuntang membuka pendaftaran penerimaan anggota OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah) tahun pelajaran 2022/2023, bagi peserta didik yang masih aktif bersekolah di SMKN Satu Atap Tuntang. Pendaftaran ini dilakukan melalui tautan Google Form yang dibagikan melalui grup WhatsApp kelas, oleh masing-masing wali kelas. Melalui tautan yang telah dibagikan, peserta didik harus mengisi...
  • 7 bulan yang lalu / SMKN 1 Tuntang mengucapkan Selamat Tahun Baru 2022
  • 7 bulan yang lalu / SMKN 1 Tuntang mengucapkan Selamat Hari Natal bagi Umat Kristiani
LDK Calon Pengurus OSIS SMKN Satu Atap Tuntang Periode 2022/2023

Pada hari Senin, 13 Juni dan Selasa, 14 Juni 2022 SMK Negeri Satu Atap Tuntang menyelenggarakan Latihan Dasar Kepemimpinan atau LDK, bagi calon pengurus OSIS masa bakti 2022/2023. LDK merupakan sebuah pelatihan dasar tentang segala hal yang berkaitan dengan kepemimpinan. Pelatihan dasar ini bertujuan untuk memberikan bekal kepemimpinan kepada Pengurus OSIS yang nantinya akan menjadi pemimpin dari seluruh kesatuan OSIS di SMKN Satu Atap Tuntang.

Kegiatan diawali dengan sambutan dari Waka Kesiswaan, Ibu Nurul Rahmawati, M.Pd. Selanjutnya kegiatan LDK OSIS resmi dibuka oleh Ibu Mariati, S.Pd., M.Pd., Kepala SMKN Satu Atap Tuntang. LDK di SMKN Satu Atap Tuntang diberikan dalam 2 (dua) bagian yaitu teori dan fisik. Pemberian teori dilakukan pada hari pertama yakni berupa materi seperti Diklat OSIS dan Kepemimpinan, Management Organisasi, Wawasan Kebangsaan dan Program Dokumentasi Proposal. Materi tersebut disampaikan melalui Power Point oleh Bapak dan Ibu Guru SMKN Satu Atap Tuntang.

Sedangkan hari kedua dilakukan untuk melatih Peraturan Baris-Berbaris atau PBB Pengurus OSIS. Yang spesial dari kegiatan ini yakni pemateri atau pelatih berasal dari Koramil Kecamatan Tuntang. Hadir sebagai mentor PBB 4 (empat) Babinsa atau Bintara Pembina Desa yaitu Bapak Moch. Luvy Slamet Raharjo, Bapak Arwani, Rudi Hanafi dan Irvan Lain. Kesempatan yang sangat berharga ini membuat para peserta menjadi lebih bersemangat dan percaya diri. Peserta LDK OSIS merasa senang sekaligus tertantang mengikuti seluruh rangkaian PBB yang diakhiri dengan Team Work Building.

Setelah beristirahat, kegiatan LDK dilanjutkan dengan pentas seni. Peserta dibagi dalam beberapa kelompok dan menampilkan pentas seni seperti menyanyi dan membaca puisi berantai. Kegiatan ini selain menghibur, juga dapat menguji kreativitas para peserta. Sebagai akhir dari kegiatan, dilanjutkan dengan Pelantikan Pengurus OSIS masa bakti 2022/2023. Pelantikan tersebut ditandai dengan penyematan Samir kepada 3 (tiga) Pengurus OSIS, oleh Kepala Sekolah, Waka Kesiswaan dan Pembina OSIS.

Ibu Mariati, S.Pd., M.Pd. menyampaikan pendapatnya, “LDK merupakan kegiatan yang bermanfaat bagi peserta didik terutama melatih kedisiplinan, kerjasama, berkomunikasi, menghargai pendapat orang lain serta  menyampaikan ide kreatif melalui diskusi. Sehingga akan terbentuk pribadi-pribadi yang berkarakter hebat.”

Di sisi lain Stevani Sherly, salah satu peserta didik dari kelas XI Tata Busana merasa menjadi pribadi yang baru setelah mengikuti LDK. “Selama LDK dua hari ini saya mendapatkan banyak pelajaran yang sangat berharga. Dari narasumber, utamanya pelatih dari Koramil saya tahu bahwa jika ingin menjadi pemimpin harus berani menanggung tanggung jawab yang sudah diamanahkan. Serta merasakan lelah, susah, bahkan harus bisa bekerja sama dengan siapa saja.”

 

Penulis : Nurul Rahmawati, M.Pd., Guru SMKN Satu Atap Tuntang

1 komentar

kurniawan eko, Rabu, 15 Jun 2022

Alhamdulillah berjalan dengan lancar tanpa suatu halangan.

Balas

TINGGALKAN KOMENTAR

Tefa Prodi TKJ

Majalah SMKN 1 Tuntang

Data Sekolah

SMKN 1 Tuntang

NPSN : 6990563

Jl. Mertokusumo Candirejo Tuntang Kabupaten Semarang
KEC. Tuntang
KAB. Semarang
PROV. Jawa Tengah
KODE POS 50131
TELEPON 081390220602
FAX 0723-1234567
EMAIL smkn1tuntang@gmail.com

Novel Karya Siswa

Toilet SMKN 1 Tuntang

Tefa Prodi Tata Busana

Laboratorium Komputer

Kalender

Agustus 2022
S S R K J S M
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031