SEKILAS INFO
: - Rabu, 11-12-2024
  • 6 bulan yang lalu /
  • 1 tahun yang lalu / DIRGAHAYU REPUBLIK INDONESIA KE 78 MERDEKA NEGERI KU MERDEKA BANGSA KU
  • 2 tahun yang lalu / SMK Negeri Satu Atap Tuntang membuka pendaftaran penerimaan anggota OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah) tahun pelajaran 2022/2023, bagi peserta didik yang masih aktif bersekolah di SMKN Satu Atap Tuntang. Pendaftaran ini dilakukan melalui tautan Google Form yang dibagikan melalui grup WhatsApp kelas, oleh masing-masing wali kelas. Melalui tautan yang telah dibagikan, peserta didik harus mengisi...
Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi di SMKN 1 Tuntang

Projek Pembuatan Terarium Sebagai Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi Mata Pelajaran Proyek IPAS

Sebagai seorang guru tentunya kita menyadari bahwa kemampuan belajar murid berbeda – beda dan apabila diberikan perlakuan yang sama pada proses pembelajaran maka akan menghasilkan prestasi belajar yang tidak maksimal. Berdasarkan perbedaan itulah mendorong guru untuk memaksimalkan prestasi murid dengan melihat kebutuhan individu murid yaitu segi gaya belajar, minat, dan pemahaman terhadap mata pelajaran.

Pembelajaran berdiferensiasi sangat cocok untuk menumbuhkan dan meningkatkan prestasi murid karena melihat kebutuhan individu murid. Pembelajaran berdiferensiasi dapat dilakukan dengan menggunakan 3 cara yaitu diferensiasi konten, diferensiasi proses dan diferensiasi produk.

Pembelajaran Proyek IPAS Kelas X Materi Makhluk Hidup dan Lingkungannya di SMK Negeri 1 Tuntang menerapkan pembelajaran berdiferensiasi yang mampu meningkatkan dan menumbuhkan motivasi,kreatifitas dan prestasi belajar murid.

Sebelum pembelajaran Proyek IPAS dilaksanakan guru mengklasifikasi gaya belajar murid yang terglong menjadi gaya belajar visual, gaya belajar auditori dan gaya belajar kinestetik. Dengan melihat perbedaan perbedaan gaya belajar tersebut maka guru menyajikan materi pembelajaran dengan berbagai bentuk media yaitu bentuk video, pdf, ppt, dan audio. Murid dapat memiih jenis media yang diinginkan untuk mempelajari sesuai dengan gaya belajar mereka.

Selanjutnya pada kegiatan pembelajaran guru memberikan intruksi kepada murid untuk mengerjakan LKPD sebelum mengerjakan proyek terarium dan dilanjutkan dengan praktik. Proses pembuatan terarium membebaskan murid untuk berekspresi sesuai dengan kreatifitas masing – masing.

Pada kegiatan akhir pembelajaran proyek pembuatan terarium murid membuat laporan pembuatan terarium yang dapat diekspresikan dengan berbagai cara antara lain video, ppt, poster dan lain sebagainya sesuai dengan minat dan bakat murid. Laporan yang berupa video diunggah dalam konten youtube, tiktok maupun di instagram. Selanjutnya laporan yang berupa media cetak seperti poster, ppt diunggah dalam drive.

Hasil umpan balik murid, proses pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran Proyek IPAS membuat murid lebih tertantang dan lebih membuat murid mampu mengembangkan bakat dan minat mereka, tetapi ada kesulitan yang mereka hadapi dalam proses pembuatan terarium yaitu sulitnya mencari tumbuhan tingkat rendah seperti lumut dan paku di musim kemarau, sehingga ada beberapa murid yang hanya membuat terarium dengan jumlah tumbuhan yang sedikit.

Penulis : Nazillatur Rohmiyati, M.Pd.  (Guru Proyek IPAS SMK Negeri 1 Tuntang)

Editor : Umi Futikhah, S.PdI. (Guru Bahasa Inggris SMK Negeri 1 Tuntang)

TINGGALKAN KOMENTAR

Tefa Prodi TKJ

Majalah SMKN 1 Tuntang

Data Sekolah

SMKN 1 Tuntang

NPSN : 6990563

Jl. Mertokusumo Candirejo Tuntang Kabupaten Semarang
KEC. Tuntang
KAB. Semarang
PROV. Jawa Tengah
KODE POS 50773
TELEPON 085641080982
FAX 0723-1234567
EMAIL smkn1tuntang@gmail.com

Novel Karya Siswa

Toilet SMKN 1 Tuntang

Tefa Prodi Tata Busana

Laboratorium Komputer

Kalender

Desember 2024
S S R K J S M
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031