SEKILAS INFO
: - Minggu, 20-06-2021
  • 4 bulan yang lalu / SMKN 1 Tuntang mengucapkan Selamat Merayakan Imlek 2572
  • 11 bulan yang lalu / Selamat datang siswa baru SMKN 1 Tuntang tahun pelajaran 2020/2021
  • 1 tahun yang lalu / SMKN 1 Tuntang menerima peserta didik baru untuk tahun pelajaran 2020/2021. Info detail silahkan klik link berikut : https://bit.ly/PPDBSMKN1Tuntang
Sekolah di Era Pandemi Saatnya Orang Tua Jeli Berburu Sekolah Bermutu

Tak terasa sudah setahun lebih kita hidup dengan pandemic covid 19. Pandemi ini masih jauh dari kata tuntas dilewati, bahkan virusnya terus bermutasi seakan lihai berkelit dari strategi manusia untuk menumpasnya. Akhirnya kita terpaksa berdamai, mulai dengan adaptasi kebiasaan baru seperti menggunakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan dan beberapa protocol kesehatan lainnya. Di dunia pendidikan setahun pembelajaran dilakukan melalui jaringan, guru menyiapkan materi materi pelajaran secara online, orang tua terpaksa terlibat dalam pembelajaran jarak jauh merekalah yang pada kahirnya berinteraksi langsung dengan anak-anak memastikan bahwa putra putri kesayangan mendapatkan ilmu, mengerjakan setiap tugas dan tentunya harus menyediakan kuota internet untuk memfasiltasi pembelajaran jarak jauh ini.

Melewati setahun lebih hidup dengan pandemic covid 19 tentulah memberi dampak untuk kita. sebagian besar masyarakat Indonesia merasakan imbasnya berupa beratnya kehidupan dari sisi ekonomi, tak sedikit orang yang kehilangan pekerjaan, mengalami pengurangan penghasilan hingga harus menguras tabungan yang telah dimiliki. Tapi tentu keadaan ini tidak bisa disikapi secara negative semangat untuk hidup harus terus berkobar. Begitu pula bagi para orang tua, mimpi untuk melihat kesuksesan putra putri kesayangan harus terwujud. Pada tahun ajaran baru 2021/2022, Orang tua yang akan menyekolahkan anak ke jenjang pendidian atas seyogyanya lebih bijaksana dalam memilih sekolah.

Ada beberapa hal yang patut dijadikan pertimbangan dalam pemilihan sekolah seperti akan melanjutkan ke SMA, SMK atau MA, mutu sekolah, potensi anak, biaya dan lokasi sekolah.

Pertama mutu sekolah dapat dilihat dari nilai akreditasi sekolah, orang tua dapat melihat situs badan akreditasi sekolah di link https://bansm.kemendikbud.go.id untuk mengecek berapa nilai akreditasi sekolah yang akan dipilih. Kedua orang tua perlu mengetahui bakat dan minat yang dimiliki anak agar dapat memilih sekolah yang sesuai. Bakat dan minat anak dapat diketahui dari nilai akademik anak selama SMP serta hasil komunikasi antara orang tua dan anak mengenai bidang pekerjaan yang anak minati. ketiga terkait dengan ketersediaan biaya pendidikan, orang tua perlu mengukur kemampuan finasial yang dimilikinya sebelum memutuskan akan menyekolahkan anak dimana. Ada baiknya orang tua memahami perbedaan antara SMA, SMK dan MA masing-masing memiliki kekhasan tersendiri, bagi orang tua yang memiliki keterbatasan tabungan pendidikan pilihan pendidikan di SMK patut dipertimbangkan. SMK adalah sekolah vokasi yang mempersiapkan anak didik untuk produktif dan terampil sehingga langsung siap bekerja. Di SMK juga terdapat Bursa Kerja Khusus yaitu unit pelaksana yang memberikan pelayanan dan informasi lowongan kerja, penyaluran dan penempatan lulusan di dunia industri dan dunia kerja. Lulusan SMK juga bisa melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi bahkan Kemendikbud memberikan peluang besar lulusan SMK untuk melanjutkan pendidikan di kampus vokasi dengan pilihan jenjang D2 dan D4 atau sarjana terapan. Lulusan D4 juga dapat melanjutkan studi S2 terapan baik di dalam negeri maupun luar negeri.

Terdapat banyak sekali pilihan SMK baik Negeri ataupun swasta dengan berbagai pilihan program keahlian, apabila empat hal diatas dijadikan bahan pertimbangan maka akan terpilih sekolah yang sesuai. Ada baiknya orang tua juga mempertimbangkan lokasi sekolah, jika lokasi sekolah tidak terlalu jauh dari tempat tinggal tentunya akan memberi keuntungan tersendiri bagi anak dan orang tua. Anak tidak terlalu kelelahan sehingga ia memiliki waktu dan tenaga untuk mengembangkan diri, mengasah bakat yang dimiliki sehingga dapat memperoleh prestasi. Biaya transpotasi anak untuk sekolah juga lebih hemat sehingga dapat dialokasikan pada kebutuhan lainnya.

Bagi orang tua yang bertempat tinggal di daerah Tuntang dan sekitarnya, SMKN 1 tuntang merupakan salah satu alternatif sekolah yang dapat dipilih. Sekolah ini memiliki tiga paket keahlian yaitu Teknik dan Bisnis Sepeda Motor, Teknik Komputer Jaringan dan Tata Busana dengan nilai akreditasi B. Dukungan sumber daya manusia yang inovatif serta jalinan kerjasama yang baik dengan berbagai pihak merupakan keunggulan tersendiri. Tengoklah website SMKN 1 Tuntang, disana orang tua tak hanya menemukan profil sekolah, namun orang tua bisa membaca banyaknya kegiatan positif yang dilakukan sekolah seperti kegiatan pendidikan karakter siswa, jalinan Kerjasama sekolah dan yang tak kalah menarik SMKN 1 Tuntang membiasakan guru untuk rutin menulis yang merupakan indikator bahwa literasi guru di SMKN 1 Tuntang baik. Kegiatan ini menunjukkan bahwa guru di SMKN 1 Tuntang siap menjadi fasilitator literasi bagi siswa, sehingga siswa diharapkan akan memiliki wawasan dan pengetahuan yang luas, meningkatkan kemampuan memahami informasi bahkan mampu meningkatkan nilai kepribadian siswa. Paket Kompllit inilah yang patut dipertimbangkan orang tua untuk tak ragu mendaftarkan putra- putrinya ke SMKN 1 Tuntang.

Penulis : Vesti Fresdiyati, Guru SMK Yayasan Pharmasi Semarang

8 komentar

Rahayu, Sabtu, 29 Mei 2021

Top ulasannya

Balas

Ika, Sabtu, 29 Mei 2021

Akreditasi sekolah, lokasi sekolah, meningkatkan pengtahuan dan kepribadian siswa, mantap sekali bu

Balas

Ika, Sabtu, 29 Mei 2021

mantap sekali bu ulasan nya, semangat berkarya bu.

Balas

Ika, Sabtu, 29 Mei 2021

mantap sekali bu ulasan nya,tetaplah terus berkarya bu.

Balas

B. Haryono, Sabtu, 29 Mei 2021

Semiga bisa menjadi sekolah kejuruan yg menjadi rujukan para lulusan smp

Balas

Nanda Kusumadewi, Sabtu, 29 Mei 2021

Ibuuuuuu❤️❤️❤️❤️❤️❤️ Ibu guru BK ter the best di SMK
Sukses dan sehat selalu bu..

Balas

Novi, Senin, 31 Mei 2021

Emak emak yang lagi bingung cari sekolah anaknya bisa klik langsung link-nya dan pasti ketemu sekolah-sekolah bagus

Balas

Puput Muliana, Selasa, 1 Jun 2021

Terima kasih…ini membuka wawasan utk lebih jeli krn th ini masuk kelompok Supermom yg berburu sekolah utk putri kecil sy

Balas

TINGGALKAN KOMENTAR

Tefa Prodi TKJ

Majalah SMKN 1 Tuntang

Data Sekolah

SMKN 1 Tuntang

NPSN : 6990563

Jl. Mertokusumo Candirejo Tuntang Kabupaten Semarang
KEC. Tuntang
KAB. Semarang
PROV. Jawa Tengah
KODE POS 50131
TELEPON 081390220602
FAX 0723-1234567
EMAIL smkn1tuntang@gmail.com

Novel Karya Siswa

Toilet SMKN 1 Tuntang

Tefa Prodi Tata Busana

Laboratorium Komputer

Kalender

Juni 2021
S S R K J S M
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930