SEKILAS INFO
: - Minggu, 01-08-2021
  • 3 hari yang lalu / Alhamduillah puji syukur kepada Allah SWT Bapak dan Ibu Guru Karyawan SMKN 1 Tuntang berhasil mengkhatamkan Al Quran untuk kedua kali.
  • 1 minggu yang lalu / SMKN 1 Tuntang mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha 1442 H. Dengan semangat berkurban kita galang jogo tonggo dan eling lan ngelingke di masa pandemi Covid-19
  • 2 minggu yang lalu / SMKN 1 Tuntang mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah RI yang telah melakukan vaksinasi tahap 2 terhadap guru dan karyawan.
Saya Bangga, Bahagia dan Sukses Dibesarkan Seorang Ibu yang Pintar Menjahit

Perjalanan hidup tiap insan berbeda, unik dan mengasikkan. Tahun 70-an saya tumbuh sebagai putri kecil yang bahagia. Tubuh mungil, rambut keriwil, namun tetap menarik perhatian karena selalu terbalut busana indah mempesona. Semua berawal dari keputusan bijaksana gadis desa yang memilih melanjutkan pendidikannya di sekolah ketrampilan keputrian sehingga pintar menjahit.

Di masa sekarang dikenal dengan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Salah satunya SMK Negeri 1 Tuntang yang berdiri sejak tahun 2014 dan dikenal dengan SMK Satu Atap Tuntang. Beralamat di jalan Mertokusumo Candirejo Kecamatan Tuntang Kabupaten Semarang Propinsi Jawa Tengah.

Sekolah ini memiliki tiga kompetensi keahlian, salah satunya Tata Busana. Belakangan ini, perkembangan dunia fashion sangat pesat, dan banyak didukung oleh media, stylist, retailer, merchandiser, fotographer serta tekhnologi yang saling bersinergi dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat.

Dalam perkembangan dunia fashion yang paling cepat pergantian model dan banyak digandrungi masyarakat adalah baju. Baju berkembang pesat desainnya karena dipengaruhi oleh budaya barat, tradisional bahkan trend fashion ala Korea yang sangat diminati seperti sekarang ini.

Namun pandemik merubah segalanya menjadi terasa susah. Sehingga harus lebih bijaksana dalam menentukan pilihan untuk masa depan. Banyak kendala, namun tetap ada peluang yang bisa dimanfaatkan. Jeli, teliti dan bawa dalam doa untuk menyempurnakan pilihan.

Kompetensi keahlian Tata Busana SMK Negeri 1 Tuntang menjadi salahsatu solusi problema di masa pandemik. Dedikasi para guru dalam melayani, mengajarkan berbagai ketrampilan, mendesain, membuat pola, menjahit dan seluk beluk produksi busana dengan mengangkat kearifan lokal, memanfaatkan perkembangan trend masyarakat, sehingga mampu menyiapkan generasi yang handal dan kompeten. Bersinergi dengan mata pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan akan semakin mempercepat pertumbuhan wirausaha muda yang mampu mandiri, tidak menjadi beban bagi orang lain, bahkan mampu menciptakan lapangan pekerjaan.

Keterserapan Dunia Usaha, Dunia Industri sebagi tenaga kerja tingkat menengah sesuai dengan kompetensi yang dimiliki maupun kesiapan membekali peserta didik dalam ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan wawasan untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, sudah tidak diragukan lagi.

Hal ini terlihat dari perubahan SMK Negeri 1 Tuntang dari tahun ke tahun semakin maju dan berkembang di berbagai bidang termasuk sarana prasarananya.

Kisah gadis desa yang sangat bijaksana memilih melanjutkan pendidikannya di sekolah ketrampilan keputrian pada masa itu, semoga menginspirasi. Hal tersebut mampu membuat putri kecilnya tampil ceria, fashionable meskipun dibuat dari bahan sederhana. Putri kecil tumbuh dewasa, meneladani kemandirian sang ibunda yang mampu menciptakan lapangan pekerjaan hingga menghantarkannya sukses mencapai cita-cita. Yaitu mengabdi menjadi guru Produk Kreatif dan Kewirausahaan SMK swasta yang cukup ternama di kota Semarang. Berkomitmen akan senantiasa bersinergi dengan kompetensi keahlian yang ada, termasuk Tata Busana. Salahsatunya selalu bangga dan bahagia memakai busana karya anak-anak kompetensi keahlian Tata Busana.

Seiring perkembangan di bidang fashion yang semakin menjanjikan, mampu mendorong perputaran ekonomi yang relatif terus meningkat, SDM sudah dipersiapkan, tentu akan menjadi peluang yang bagus. Untuk lulusan SMP/MTs yang mau melanjutkan di bidang Tata Busana, silahkan bergabung dengan SMK Negeri 1 Tuntang. Masa depan Anda akan dihantarkan oleh SMK Negeri 1 Tuntang.

Salam Sukses, selalu beruntung, hingga suatu hari ada cerita indah “Saya bangga, bahagia dan sukses dibesarkan oleh seorang ibu yang pintar menjahit“.

Penulis : Puput Muliana, Sarjana Pertanian, Guru Produk Kreatif dan Kewirausahaan SMK Yayasan Pharmasi Semarang

48 komentar

gfira, Minggu, 13 Jun 2021

Terimakasih tulisannya sangat menginspirasi bagi saya

Balas

Faaa, Minggu, 13 Jun 2021

Terimakasih ini menginspirasi terutama untuk adik-adik SMP MTs yang ingin melanjutkan dengan dunia fashion.

Balas

Faaa, Minggu, 13 Jun 2021

Terimakasih ini sangat menginspirasi terutama untuk adik-adik SMP MTs yang ingin melanjutkan dibidang tata busana atau dunia fashion.

Balas

jeanny adelia adinda s, Minggu, 13 Jun 2021

saya bangga dengan bu puput yang tidak mengenal lelah , bu puput menjadi teladan bagi muridnya selalu berusaha dan bersemangat untuk mendapatkan kesuksesan di masa depan, awal awal yang sukit memang untuk menguji kita untuk terus berlatih dan berusaha , dengan awal yang susah tetapi dapat membuat kita di masa yang akan datang menjadi lebi sukses dan jaya, terimakasih untuk bu puput atas pelajaran dan cerita kisah bu puput sehingga bu puput sampai sekarang menjadi pembimbing saya di smk pharmasi, sukses terus buat bu puput, semoga sehat selalu

Balas

uchen, Minggu, 13 Jun 2021

smk selalu memberikan pilihan dan mengantarkan generasi muda siap bekerja. mantap smkn 1 tuntang

Balas

Nailla Fariq, Minggu, 13 Jun 2021

Seperti pepatah jawa mengatakan bahwa “Ajining Rogo Ono Ing Busono”

Harga diri seseorang tampak dari pakaiannya. Bukan masalah harga atau bahan, tetapi menjadikan bahan sederhana menjadi luar biasa dan terkesan Berkelas adalah tantangan masa kini dan SMK dengan jurusan Tata Busana membantu menjembatani tantangan tersebut.

Saya ingat waktu Ivan Gunawan mengomentari busana di acara kompetensi penyanyi di sebuah stasiun TV, bliau mengatakan bahwa bahan pakaian yg dipakai penyanyi tersebut di Pasar harganya 40rb/meter tetapi oleh tangan2 terampil dan keahlian yang dimiliki membuat pakaian tersebut sangat menawan, berkelas, dan menjadikan baju tersebut bernilai jual tinggi.

Bu puput dalam pelajaran kewirausahaannya mengajarkan Saya untuk selalu bersemangat, berinovasi dan mencari peluang usaha, menceritakan products knowledge dari produk2 yang kita jual. Melihat peluang usaha yang ada di sekitar kita, dan bliau mengajak siswanya untuk bekerja cerdas, bekerja mawas, dan bekerja ikhlas yang Alhamdulillah saya terapkan hingga saat ini. Terimakasih bu Puput.

Balas

lely, Minggu, 13 Jun 2021

Seorang ibu yang pintar menjahit dan luar biasaaaa, yang selalu membuka pintu rumah lebar-lebar untuk menerima kehadiran si anak rantau menghabiskan akhir pekan. Salam hormat untuk ibu dan semua perempuan hebat Indonesia

Balas

YunitaRamadhani, Minggu, 13 Jun 2021

keren sekali,betul sekali dizaman skrg ini keahlian n kreatifitas sangat penting. Semoga sukses n jaya untuk SMKN 1 Tuntang,, mencetak generasi yang kreatif, mandiri, siap bersaing, dan bermanfaat.

Balas

Elysia Nur Haliza, Minggu, 13 Jun 2021

artikelnya sangat menginspirasi dan menambah wawasan tentang jurusan tata busana

Balas

Rahayu, Minggu, 13 Jun 2021

Tulisannya sangat menginspirasi

Balas

Agus Edy, Minggu, 13 Jun 2021

Artikelnya menarik, Bu. Usaha di bidang busana memang perlu digali lagi mengingat sandang merupakan kebutuhan pokok setiap orang.

Balas

Widhiawan Agung Kusumo, Minggu, 13 Jun 2021

Sangat mendidik dan memotivasi untuk bersekolah di SMK

Balas

Cahyani, Minggu, 13 Jun 2021

Sangat menginspirasi sekali, dan saya bangga pernah didik ibu di mata pelajaran kewirausahaan

Balas

lis setyowati, Minggu, 13 Jun 2021

Bagus dan enak untuk sharing k siswanya

Balas

ikapurwati87@gmail.com, Minggu, 13 Jun 2021

Menarik dan menambah wawasan, terus berkarya bu dan semangat

Balas

Moch Yugo Hastono, Minggu, 13 Jun 2021

Pengalaman dan keikhlasan membuat rintangan bs menjadi peluang tetap semangat

Balas

Mamae jeje, Minggu, 13 Jun 2021

Mantaapppp….krn dapat mentransfer energi positif yaitu motivasi dan semangat tuk sukses..

Balas

Dwi Astuti, Minggu, 13 Jun 2021

Bagus dan menarik sekali

Balas

Nadiaaa, Minggu, 13 Jun 2021

Sangat menginspirasi Bu, sukses selalu

Balas

Emmy Listiawati,S.Pd, Minggu, 13 Jun 2021

Semangat bundanya ibu Puput menjadirole model….bagi Bu Puput
Dlm karya sebagai guru selalu memberi inovasi KPD anak didiknya
Sukses terus dlm mengabdi utk anak bangsa SBG generasi penerus

Balas

Suciati, Minggu, 13 Jun 2021

Bagus Bu, semangat berkarya trs

Balas

cahyani purwatiningsih, Minggu, 13 Jun 2021

sangat menginsipirasi klu seorang ibu punya keahlian meskipun menjahit. krn menjahit bs sukses klu d tekuni dan bs menjadi ladang pekerjaan. tinggal beli bahan liat model yg lagi nge hits tinggal potong pola jafi deh….tdk perlu ke toko beli baju yg mqhalnyq selangit. sukses buat smua ibu yg bs menjahit ….

Balas

Emmy Listiawati,S.Pd, Minggu, 13 Jun 2021

Salut kepada ibu Puput yg selalu bersemangat dan selalu memberi inovasi belajar KPD anak bangsa

Balas

Dwi Atmojo Maulana, Minggu, 13 Jun 2021

Ceritanya sangat inspiratif… Semoga dapat menjadi motivasi bagi generasi muda…

Balas

Dwi Atmojo Maulana, Minggu, 13 Jun 2021

Ceritanya sangat inspiratif… Semoga dapat menjadi motivasi bagi generasi muda… Mantap….

Balas

Alisa Qodrunnada, Minggu, 13 Jun 2021

Wah terimakasih bu Puput menambah motivasi, bagus dan menarik.
Tetap semangat Bu puput

Balas

Suciati, Minggu, 13 Jun 2021

Woww.. Sangat menginspirasi

Balas

Yohana, Senin, 14 Jun 2021

Semangat terus bu puput,berkarya dan selalu menginspirasi… tulisannya keren,dapat memotivasi pembacanya

Balas

Mutia Nayla Putri, Senin, 14 Jun 2021

Sangat menginspirasi sekalian bagi saya Bu, terimakasih

Balas

Zahra Restu Arnetia, Senin, 14 Jun 2021

berkesan sekali pengalamannya, memang yang saya ketahui selama ini adalah bu puput sosok orang yang banyak di sukai di kalangan siswa dan mungkin guru guru di sekolah saya saat ini SMK YAYASAN PHARMASI SEMARANG karena beliau mengajar sebagai guru di tempat saya bersekolah, bu puput tidak hanya berhasil dalam mencuri hati para siswa namun beliau juga menjadi inspirator yang sangat patut di contoh, banyak perjuangan yang di lalui bu puput hingga menjadi sosok yang sukses sampai sekarang dan saya harap bu puput tetap menjadi bu puput yang sekarang dan semoga selalu menginspirasi kita sebagai generasi milenial. sukses untuk bu puput dan terakhir jangan lupa bersyukur kepada allah swt yang telah memberi ibu kesuksesan yang abadi inshaallah
SALAM SUKSES

Balas

Agnes, Senin, 14 Jun 2021

Semangat bu puput, bu puput selalu memotivasi anak didiknya yang sudah dianggap seperti anak sendiri :))

Balas

Mama Fhansa, Senin, 14 Jun 2021

Sukses selalu buat Bu Puput,Bunda yg inspiratif,inovatif dan kreatif.memotivasi kita semua,jangan pernah lelah untuk berbagi ilmu,Bunda yg hebat dn sll santun dalam kepribadian,semangat dan selalu berkarya Bunda.

Balas

Yuliana Safitri, Senin, 14 Jun 2021

Bangga dengan ibu Puput yang selalu mengajarkan untuk menebarkan kebaikan kepada siapapun. Memberikan motivasi dan semangat untuk orang lain lewat tulisannya dan tentunya dengan cara yg lain juga.

Balas

virlianda, Senin, 14 Jun 2021

Semangat Bu Puput! Guru yang sangat menginspirasi saya hingga saat ini

Saya tidak akan pernah menjadi seperti sekarang kalau bukan karena Didikan Ibu Guru terbaik di disekolah. 🙂

Balas

Syela Denik, Senin, 14 Jun 2021

Idolaaa…aku pun pernah merasakan dibkinin baju budhe …, pandai bikin kue, pandai menjahit..teladan yg baik yg menginspirasi.

Balas

priscillacahyaa, Senin, 14 Jun 2021

trimakasi bu Puput, cerita nya sangat menarik dan menginspirasi generasi muda.
sukses selalu bu..

Balas

Eska ummu rara, Senin, 14 Jun 2021

Mdh2an Sehat selalu bulek dan keluarga..
Wanita karir yg tdk pernah meninggalkan fitrahnya..
Barakallahufiikum..

Balas

Zuhrotun naini, Selasa, 15 Jun 2021

Sangat menginspirasi dan sukses selalu buat Bu puput

Balas

Anik, Selasa, 15 Jun 2021

Sukses sll bu ana..tulisannya sangat menarik

Balas

Retna mama bre, Selasa, 15 Jun 2021

Luar biasaaa sekali ,sangat menginspirasi bunda,salam sehat dan sukses slalu buat bunda puput.

Balas

Rusiana, Rabu, 16 Jun 2021

Keren Bun… sangat menginspirasi banget.. tetap semangat.sukses selalu bunda Puput

Balas

Rusiana, Rabu, 16 Jun 2021

Keren Bun… sangat menginspirasi banget.sukses selalu bunda Puput

Balas

Rusiana, Rabu, 16 Jun 2021

Keren banget bun.menginspirasi . sukses selalu Bunda Puput

Balas

Rusiana, Rabu, 16 Jun 2021

Luar biasa… keren… Sukses selalu bunda Puput

Balas

ERIK FEBRI, Kamis, 17 Jun 2021

Terima kasih, ini sangat menginspirasi dan menarik untuk kedepannya
sukses selalu bu

Balas

Sinta Nur Khasanah, Kamis, 17 Jun 2021

Saya termotivasi ceritanya sangat menarik banyak ilmu di sana. Saya bangga dengan beliau semoga beliau sehat selalu dan sukses aminn

Balas

Petrick Ariska Pratama, Sabtu, 19 Jun 2021

Guru saya hebat. sangat menginspirasi sekali Bu Puput. Selalu menebarkan semangat

Balas

Nisa, Minggu, 20 Jun 2021

Semangat bu puput, sangat menginspirasi, saya bangga manjadi salah satu anak didik ibu, sukses selalu bu

Balas

TINGGALKAN KOMENTAR

Tefa Prodi TKJ

Majalah SMKN 1 Tuntang

Data Sekolah

SMKN 1 Tuntang

NPSN : 6990563

Jl. Mertokusumo Candirejo Tuntang Kabupaten Semarang
KEC. Tuntang
KAB. Semarang
PROV. Jawa Tengah
KODE POS 50131
TELEPON 081390220602
FAX 0723-1234567
EMAIL smkn1tuntang@gmail.com

Novel Karya Siswa

Toilet SMKN 1 Tuntang

Agenda

Tefa Prodi Tata Busana

Laboratorium Komputer

Kalender

Agustus 2021
S S R K J S M
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031