SEKILAS INFO
: - Minggu, 01-08-2021
  • 3 hari yang lalu / Alhamduillah puji syukur kepada Allah SWT Bapak dan Ibu Guru Karyawan SMKN 1 Tuntang berhasil mengkhatamkan Al Quran untuk kedua kali.
  • 1 minggu yang lalu / SMKN 1 Tuntang mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha 1442 H. Dengan semangat berkurban kita galang jogo tonggo dan eling lan ngelingke di masa pandemi Covid-19
  • 2 minggu yang lalu / SMKN 1 Tuntang mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah RI yang telah melakukan vaksinasi tahap 2 terhadap guru dan karyawan.
Pilih SMA atau SMK?

Menurut Pasal 1 ayat 1 Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.

Menurut Soekidjo Notoatmodjo, 2003: 16, mendefinisikan secara umum “Pendidikan adalah segala upaya yang direncanakan untuk mempengaruhi orang lain baik individu, kelompok, atau masyarakat sehingga mereka melakukan apa yang diharapkan oleh pelaku pendidikan.”

“Pilih SMA atau SMK, ya?”

Pertanyaan ini sering kali muncul di benak para murid SMP/MTS yang akan melanjutkan jenjang pendidikannya ke tingkat yang lebih tinggi. Sebagian besar dari mereka terkadang bingung ketika dihadapkan dengan kedua pilihan tersebut. Sebenarnya, hal ini sangatlah penting untuk direncanakan dengan sangat matang karena pilihan mereka akan memengaruhi masa depan mereka. Oleh karena itu, kita perlu mengetahui pendidikan macam apa yang diinginkan oleh mereka supaya tidak muncul penyesalan di kemudian hari.

Nah, untuk menghindari penyesalan yang datang di akhir tersebut, saya akan coba jelaskan apa sih, bedanya SMA dan SMK.

Sekolah Menengah Atas (SMA)

Sekolah Menengah Atas atau SMA merupakan tingkat pendidikan formal di Indonesia setelah lulus SMP/sederajat. Pendidikan SMA ditempuh selama tiga tahun mulai dari kelas X, XI, dan XII. Pada saat dimulainya tahun ajaran pertama, calon siswa SMA akan dihadapkan dengan penjurusan yaitu IPA, IPS, dan Bahasa. Ketiganya memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Penjurusan ini disesuaikan dengan minat dan bakat calon siswa tersebut sehingga mereka dapat menentukan jurusan apa yang akan diambil ketika sudah memasuki perguruan tinggi nanti.

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)

Sedangkan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) adalah jenjang pendidikan formal yang setara dengan SMA. Menurut Smith Sughes Act, memberikan pengertian bahwa pendidikan kejuruan adalah pendidikan khusus yang program-programnya dipilih untuk siapapun yang tertarik untuk mempersiapkan diri bekerja sendiri atau bekerja sebagai bagian dari kelompok.

Bidang keahlian di SMK ada berbagai macam jenisnya seperti Teknologi dan Rekayasa, Energi dan Pertambangan, Pariwisata, dan sebagainya. Didalamnya terdapat program kejuruan yang dapat disesuaikan dengan minat dan bakat peserta didik seperti Teknik dan Bisnis Sepeda Motor, Tata Busana, hingga Teknik Komputer Jaringan yang sekarang sedang ramai diminati oleh banyak calon siswa SMK..

Nah, tiga program kejuruan tadi bisa didapatkan di SMK Negeri 1 Tuntang. Sekolah ini terletak di Jl. Mertokusumo, Candirejo, Tuntang, Kabupaten Semarang. SMK Negeri 1 Tuntang menyediakan beragam fasilitas bagi peserta didiknya untuk menempuh pendidikan SMK seperti ruang kelas yang nyaman, laboratorium komputer, mushola, dan ruang praktek siswa sehingga para siswa dapat dipersiapkan dengan lebih matang ketika terjun ke dunia kerja nanti.

Sekolah ini menerapkan konsep pembelajaran Teaching Factory yaitu konsep pembelajaran dalam keadaan yang sesungguhnya untuk menjembatani kesenjangan kompetensi antara pengetahuan yang diberikan sekolah dan kebutuhan industri. Jadi para siswa sudah terbiasa dengan suasana industri sehingga siswa dapat meningkatkan kompetensi diri dan menghasilkan produk barang atau jasa yang memiliki nilai tambah ketika lulus nanti.

SMK Negeri 1 Tuntang juga merupakan sekolah berbasis digital, artinya penyajian pembelajaran sudah terintegrasi secara digital. Metode ini sangatlah cocok untuk diterapkan di masa pandemi ini. Selain dapat memudahkan siswa untuk melakukan kegiatan pembelajaran, SMK Negeri 1 Tuntang juga ikut berperan dalam memutus mata rantai penyebaran COVID-19.

Memiliki skill yang terlatih dengan baik merupakan salah satu senjata kita untuk bersaing di tengah era globalisasi yang sangat pesat. SMK Negeri 1 Tuntang merupakan tempat yang tepat untuk mengasah keahlian tersebut.  Beragam fasilitas dan metode pembelajaran yang tepat dan menarik dapat ditemukan disini. Jadi tunggu apa lagi, untuk kamu yang ingin sekolah dengan segudang prestasi dan fasilitas yang memadai, SMK Negeri 1 Tuntang pilihan yang pas untuk kamu!

Penulis: Endang Wahyuningsih, S.Pd, Guru SMP Negeri 2 Salatiga

121 komentar

Tera, Senin, 21 Jun 2021

wah bisa jadi referensi buat temen temen yg bingung mau masuk SMA atau SMK

Balas

Tri Mulyani, Senin, 21 Jun 2021

Kami lebih memilih SMK , karena betul apa yang tertulis diatas lulusan kalau nanti lulusan SMK pasti akan memiliki keahlian sesuai jurusan yang dipilih.semoga SMK negeri 1tuntang menciptakan lulusan yang berkualitas.

Balas

Ardi, Senin, 21 Jun 2021

Penjelasannya sangat bisa dimengerti

Balas

Tutik yamtini, Senin, 21 Jun 2021

Saya memilih masuk SMK karena lulusan SMK sdh mempunyai Skill atau keahlian menurut jurusan yang dipilih. Dan bisa buat bekal usaha kalau memang belum mampu untuk masuk kuliah.

Balas

Altaf Milda Albani Furqan, Senin, 21 Jun 2021

bisa disimak nih, buat yg lagi bingung mau SMK/SMA

Balas

Cahaya, Senin, 21 Jun 2021

Bagus banget nih, aku jadi dapet referensi buat pilih sekolah mana yang tepat buat aku!

Balas

lala, Senin, 21 Jun 2021

membantu nih buat teman-teman semakin yakin bagi yang masih bingung mau lanjut sma atau smk. intinya ikuti kemauan diri sendiri bukan omongan orang lain.

Balas

Weni Suhesti, Senin, 21 Jun 2021

Kalo sy memilih SMA. Karena yang memilih melanjutkan kuliah bisa masuk ke jurusan sesuai dengan bakat kita untuk melanjutkan ke jenjang perguruan tinggi yang akan kita pilih.

Balas

hita, Senin, 21 Jun 2021

mantap,jadi lebih mengerti perbedaan sma dan smk

Balas

hita, Senin, 21 Jun 2021

mantap,bisa jadi lebih mengerti perbedaan SMA dan SMK

Balas

Kiki, Senin, 21 Jun 2021

setuju sekali. daripada menyesal, penting sekali memikirkan dari sekarang maunya setelah lulus sekolah menengah atas mau masuk perguruan tinggi dulu baru kerja atau mau langsung kerja dengan keterampilan yang di asah di SMK.

Balas

Sapari, Senin, 21 Jun 2021

Kalo saya pilih SMK sebab jika lulus sudah memiliki keahlian yg bisa digunakan untuk melamar pekerjaan atau untuk menciptakan lapangan kerja sendiri sesuai keahlian,apalagi sekarang untuk menjadi ASN sangat sulit…

Balas

Endang Susanti, Senin, 21 Jun 2021

Hebat.Maju terus .Info yang sangat penting untuk siswa-siswi

Balas

alena, Senin, 21 Jun 2021

sangat membantu dalam hal mengetahui perbedaan SMA dan SMK dan bisa dijadikan referensi

Balas

alena, Senin, 21 Jun 2021

sangat membantu dalam hal mengetahui perbedaan SMA dan SMK dan bisa dijadikan referensi terimakasih

Balas

Sri haryanto, Senin, 21 Jun 2021

Bagus banget infonya, ayo yg mo masuk jenjang SMA / SMK bisa dibaca buat referensi

Balas

Sri haryanto, Senin, 21 Jun 2021

Joss, ayo yg mo masuk jenjang SMA / SMK bisa disimak buat referensi

Balas

Vidya, Senin, 21 Jun 2021

sangat membantu nih penjelasannya,jadi ngga akan bingung lagi deh mau masuk ke SMA atau ke SMK.

Balas

Zakia Gavin Putra Prasetya, Senin, 21 Jun 2021

Wahhh bagus sekalii ni sarannya,jadi saya tidak bingung harus pilih sma atau smkterimakasi Bu Endang Wahyuningsih, S.Pd, Guru SMP Negeri 2 Salatiga

Balas

diva, Senin, 21 Jun 2021

bagus sekali bu infonya…saya jadi tertarik untuk masuk SMK karena ingin punya keahlian di bidang itu sendiri dan bisa langsung berkerja ataupun ke perguruan tinggi.

Balas

diva, Senin, 21 Jun 2021

bagus sekali bu infonya…saya jadi tertarik untuk masuk SMK karena ingin punya keahlian di bidang itu sendiri dan bisa langsung berkerja ataupun ke perguruan tinggi. terimakasih sekali bu…

Balas

Supriyadi, Senin, 21 Jun 2021

Pilih SMK lebih joss jika ingin dapat skill yang mumpuni untuk bekerja.

Balas

aditya d, Senin, 21 Jun 2021

Kalo mau siap kerja pilih aja SMKN 1 Tuntang pasti terpercaya

Balas

aditya d, Senin, 21 Jun 2021

Kalo mau siap kerja pilih aja SMKN 1 Tuntang pasti terpercaya.

Balas

aditya d, Senin, 21 Jun 2021

Kalau mau siap kerja pilih aja SMKN 1 Tuntang pasti terpercaya.

Balas

ARVASA, Senin, 21 Jun 2021

Mantap infonya.. Saya lebih memilih sma karena agar nanti saat kuliah saya bisa masuk ke jurusan yang saya inginkan

Balas

Nisa, Senin, 21 Jun 2021

sebuah kebingungan yang sering di hadapi oleh tamatan SMP, terima kasih untuk pencarahannya ibu

Balas

Nisa, Senin, 21 Jun 2021

sebuah kebimbangan dan sudah terjawab di tulisan ibu

Balas

Rinta, Senin, 21 Jun 2021

Jika ingin segera bekerja atau biaya terbatas pilihlah SMK. Dengan memilih SMK…siswa mempunyai skill untuk di aplikasikan ke dunia nyata .ingin melanjutkan kuliah SMK pun bisa. Karena SMK memang serba BISA…BISA…BISAAA…

Balas

Nining, Senin, 21 Jun 2021

Bagus banget infonya bu,sangat membantu perbedaan sma dn smk

Balas

amelia, Senin, 21 Jun 2021

Waah sangat membantu saya terima kasih bu, sangat berguna dan bermanfaat bagi saya dan teman teman saya semua

Balas

Ratna, Senin, 21 Jun 2021

Terimakasih infonya bu,, dn sangat membantu, serta makin memantapkan pilihan buat anak sy yg sdh ada di SMK

Balas

Nining, Senin, 21 Jun 2021

Bagus infonya bu,sangat membantu dlm memilih sma dn smk buat anak2 kedepannya bu

Balas

Mutmainah, Senin, 21 Jun 2021

Dengan membaca tulisan tersebut Anak-anak lulusan SMP/MTs menjadi tidak bingung menentukan pilihan memilih SMA/SMK

Balas

Ida prast, Senin, 21 Jun 2021

Wah penjelasan sangat mendarat tidak hanya kepada orang tua murid tapi juga kepada anak didik. Jadi bisa lebih cerdas memilih, ternyata SMK juga sebuah pilihan yang smart

Balas

Muhamad Sidik, Senin, 21 Jun 2021

Terima kasih informasinya

Balas

Wenny, Senin, 21 Jun 2021

Pencerahan yg cukup bermanfaat,khususnya bagi lulusan SMP/MTs yg memiliki minat dan bakat( di bidang teknik sepeda motor,tehnik komputer dan jaringan,atau tata busana) segera bergabung bersama SMK Negeri 1 Tuntang utk mempersiapkan masa depan,mengasah skill dan mengembangkan sikap profesionalisme dlm bidang keahlian yg d minati.

Balas

Endang Retno Haryati S.Pd, Selasa, 22 Jun 2021

mantap infonya….smk /sma ok smua sesuaikan skill kalian

Balas

Grace, Selasa, 22 Jun 2021

Sangat mudah dipahami informasinya, sangat lengkap dan semoga dengan adanya informasi ini bisa menjadi berguna bagi kita semua.

Balas

muhhamad kepin, Selasa, 22 Jun 2021

Smk karena bisa langsung bekerja

Balas

inta, Selasa, 22 Jun 2021

membantu banget buat yang lagi bingung nentuin mau lanjut sma/smk, sangat bermanfaat

Balas

Paul, Selasa, 22 Jun 2021

Infonya menarik dan sangat membantu, mau pilih SMA/SMK tingal sesuaikan dengan keahlian/skill diri sendiri.

Balas

Tena, Selasa, 22 Jun 2021

Sangat membantu bu infonya, trimakasih

Balas

Hibatullah Rafif Fatkhurahman, Selasa, 22 Jun 2021

Balas

Ghita, Selasa, 22 Jun 2021

Info yang sangat bermanfaat

Balas

Ivander, Selasa, 22 Jun 2021

Mantap,Sangat membantu bagi teman teman yang lulus smp mau ambil apa jadi tidak binging

Balas

Lathifa, Selasa, 22 Jun 2021

SMA atau SMK ya. Hmmm awalnya bingung sekarang nggak lagi. Terima kasih infonya Bu

Balas

Hibatullah Rafif Fatkhurahman, Selasa, 22 Jun 2021

Alhamdulillah infonya bermanfaat

Balas

Maria Juwitasari, Selasa, 22 Jun 2021

Milih smk bun, krn bgt lulus sdh punya keahlian sesuai jurusannya wlpn sedikit…

Balas

Aria, Selasa, 22 Jun 2021

Infonya sangat membantu dalam pemilihan mau masuk SMA atau SMK, kita juga jadi tahu perbedaan antara SMA dengan SMK

Balas

karenina, Selasa, 22 Jun 2021

wah informasinya sangat bermanfaat bisa membantu menjawab kebingungan siswa yang akan masuk sma atau smk

Balas

AGUS WIDODO, Selasa, 22 Jun 2021

Bagus sekali buat pencerahan lulusan SMP/MTS utk memilihnya kalau di SMA masih membutuhkan kelanjutan ke tingkat (kuliah) sesuai dgn bakat dan kemampuan (dana) menuju profesional dibidang pilihannya sedangkan SMK sdh dibekali kemampuan (skill) keahliannya menurut jurusan yg diplih dan bisa buat bekal usaha kalau memang blm mampu utk masuk kuliah.

Balas

Amelia Shaula, Selasa, 22 Jun 2021

Sangat informatif bu..terimakasih bu Endang

Balas

Heru Gunawan, Rabu, 23 Jun 2021

Saya memilih SMK karena anak SMK lebih siap kerja memiliki skill dan tidaklah gengsi terhadap suatu pekerjaan

Balas

Irfan, Jumat, 2 Jul 2021

Kalau say memilih SMK sebab jika lulus sudah memiliki keahlian yg bisa digunakan untuk melamar pekerjaan atau untuk menciptakan lapangan kerja sendiri sesuai keahlian.

Balas

Risma, Jumat, 2 Jul 2021

Infonya sangat membantu bu.. sangat membantu dan mudah dimengerti

Balas

Yoga Akhmad Khodari, Jumat, 2 Jul 2021

Berkat imformasi yang disampaikan Bu Endang, bisa lebih mengetahui perbedaan SMU atau SMK, sangat bermanfaat sekali bagi lulusan SMP/MTs. Dengan adanya artikel ini para lulusan SMP/MTs tinggal mempunyai keinginan kemana selanjutnya untuk meneruskan jenjang yang lebih tinggi. Karena kedua-duanya juga mempunyai keunggulan sendiri-sendiri.

Balas

Yoga Akhmad Khodari, Jumat, 2 Jul 2021

Berkat informasi yang disampaikan Bu Endang, bisa lebih mengetahui perbedaan SMU atau SMK, sangat bermanfaat sekali bagi lulusan SMP/MTs. Dengan adanya artikel ini para lulusan SMP/MTs tinggal mempunyai keinginan kemana selanjutnya untuk meneruskan jenjang yang lebih tinggi. Karena kedua-duanya juga mempunyai keunggulan sendiri-sendiri.

Balas

Luluk, Jumat, 2 Jul 2021

SMA dong, untuk bekal ke Universitas dengan jurusan yang diinginkan

Balas

Desi maulida, Jumat, 2 Jul 2021

Saya memilih smk,karena di smk kita dapat memiliki suatu keahlian dan di smk kami dapat di didik untuk siap bekerja.terimakasih banyak bu,informasinya sangat membantu

Balas

Desi maulida, Jumat, 2 Jul 2021

Infonya sangat jelass

Balas

Kezia putri mezzaluna, Jumat, 2 Jul 2021

Saya memilih SMK KRNA siap bekerja

Balas

Murni, Jumat, 2 Jul 2021

Saya lebih memilih SMK Krn lulus sekolah sdh punya bekal untuk bekerja….

Balas

Kezia putri mezzaluna, Jumat, 2 Jul 2021

SMK , krna siap bekerja

Balas

Muhammad Dafa, Jumat, 2 Jul 2021

mantap,jadi lebih mengerti perbedaan SMK dan SMA

Balas

PINKY, Jumat, 2 Jul 2021

saya memilih sma supaya bisa ke jenjang perguruan tinggi dan semoga informasi ini bisa membantu yang lainnya

Balas

Tanto Intan Pariwara, Jumat, 2 Jul 2021

Bisa menjadikan kami sebagai referensi dalam memilih jenjang pendidikn bagi anak anak. Terimakasih informasi nya sangat membantu.

Balas

Tanto Intan Pariwara, Jumat, 2 Jul 2021

Terimakasih info nya. Sekarang kita bisa tahu SMA dan SMK secara jelas.

Balas

Alfida Nuzulal Hikmah, Jumat, 2 Jul 2021

Wah bagus banget pengertiannya ,buat yang masih bingung milik SMK / SMA bisa baca ini.

Balas

deviena, Jumat, 2 Jul 2021

informasi yang sangat bagus,dan bisa membantu untuk yang masih bingung mau masuk sma / smk

Balas

Valentinus, Jumat, 2 Jul 2021

Saya memilih masuk ke SMA untuk melanjutkan ke Universitas

Balas

Alvita, Jumat, 2 Jul 2021

Wah.. informasinya sangat membantu bagi teman teman yg mungkin bingung mau masuk SMA/ SMK. Terimakasih Bu!

Balas

Ricky, Jumat, 2 Jul 2021

Bisa menjadikan kmreferensi dalam memilih jenjang pendidikan bagi anak.

Balas

Tsaabita, Jumat, 2 Jul 2021

Wah terima kasih bu infonya,semoga bermanfaat buat temen temen. Mau sma atau smk sama sama bagus. Disesuaikan saja sama diri sendiri lebih suka praktik atau teori. Toh kalau smk pun juga bisa kuliah nanti. 🙂

Balas

Elsa, Jumat, 2 Jul 2021

Informasinya sangat membantu dan mudah mengerti

Balas

Chelsea Yulita Olivia, Jumat, 2 Jul 2021

Terimakasih infonya bu sangat membantu sekali antara memilih SMA atau SMK.saya memilih SMA supaya bisa lanjut ke perguruan tinggi.

Balas

Chelsea Yulita Olivia, Jumat, 2 Jul 2021

saya memilih SMA supaya bisa lanjut ke perguruan tinggi.Terimakasih infonya bu sangat membantu sekali antara memilih SMA atau SMK.

Balas

Rizal, Jumat, 2 Jul 2021

Saya lebih memilih smk karna setelah lulus kita sudah memiliki keahlian dan mental yang siap untuk bekerja

Balas

Azzahra, Jumat, 2 Jul 2021

sangat membantu buat yang masih bimbang mau lanjut kemana setelah smp

Balas

Jesika Aulia, Jumat, 2 Jul 2021

terimakasih atas infonya Bu, saat kelas 9 benar benar bisa bingung antara SMK atau SMA tapi setelah membaca ini alhamdulilah ada petunjuk mau kemana selanjutnya, terimakasih

Balas

Nadila Salsabilla, Jumat, 2 Jul 2021

saya lebih memilih SMA karena saya ingin menuju ke jenjang yang lebih tinggi

Balas

HUSNA, Jumat, 2 Jul 2021

Wah..sangat informatif, semoga bermanfaat buat temen-teman yang masih bingung nih. Kalau saya pribadi dulu memilih masuk SMA karena saya berencana melanjutkan ke universitas.

Balas

Woro TH, Jumat, 2 Jul 2021

Info yang sangat bagus,agar anak-anak kita bisa memilih mana yang terbaik buat masa depannya

Balas

Aga, Jumat, 2 Jul 2021

Informasi di atas sangat membantu dan mudah di pahami

Balas

mutiara, Jumat, 2 Jul 2021

info yg sangat membantu untuk teman” yg masih bingung mau ke SMA/SMK. saya sendiri memilih ke SMA karna saya ingin melanjutkan kuliah

Balas

Mardiana Widyaningrum, Jumat, 2 Jul 2021

Saya memilih smk karna lulus dr sana kita sudah memiliki keahlian

Balas

Mardiana Widyaningrum, Jumat, 2 Jul 2021

Penjelasan yang menarik dan bermanfaat untuk yang masih bingung

Balas

Mardiana Widyaningrum, Jumat, 2 Jul 2021

Penjelasan yang menarik dan membantu bagi yang masih belum tau perbedaan smk/sma

Balas

Jiman, Jumat, 2 Jul 2021

Untuk masuk SMA/SMK tergantung tujuan setalah lulus mau kuliah atau mau kerja

Balas

Hageng A, Jumat, 2 Jul 2021

Sangat membantu

Balas

marlinda, Jumat, 2 Jul 2021

Penjelasan diatas sangat mudah untuk dimengerti

Balas

Lis, Jumat, 2 Jul 2021

Lis, Jumat, 2 Juli 2021

Informasi di atas sangat membantu anak yang masih bingung memilih masuk SMA atau SMK

Balas

Zulfa Laila, Jumat, 2 Jul 2021

Menurut saya SMA maupun SMK sama² bagus. Semua tergantung pilihan siswa masing² berdasarkan apa yg menjadi cita cita. Apabila keinginan langsung kerja, maka bisa memilih SMK dimana setelah lulus sudah mendapatkan ketrampilan sesuai dengan jurusannya.

Balas

Zulfa Laila, Jumat, 2 Jul 2021

Menurut saya SMA maupun SMK sama² bagus. Semua tergantung pilihan siswa masing² berdasarkan apa yg menjadi cita cita. Terima kasih

Balas

haliza, Rabu, 7 Jul 2021

SMA maupun SMK sama² bagus, tapi semua tergantung pada pilihan masing².saya memilih SMA karena akan melanjutkan ke jenjang universitas.

Balas

Rachma, Rabu, 7 Jul 2021

informasinya sangat membantu siswa yang masih bingung untuk memilih antara SMA atau SMK, kita juga dapat mengetahui perbedaan antara SMA dan SMK

Balas

Ulfa, Rabu, 7 Jul 2021

Informasinya sangat membantu dan bermanfaat buat yang masih bingung pilih SMA/SMK dengan adanya informasi ini jadi lebih yakin dan mudah untuk memilih.

Balas

Riezky, Kamis, 8 Jul 2021

Informasinya membantu untuk siswa yang masih bingung untuk memilih antara SMA/SMK, terdapat juga informasi antara perbedaan SMA dan SMK.

Balas

Risma Aulia, Kamis, 8 Jul 2021

informasinya sangat membantu untuk para siswa yang masih bingung untuk melanjutkan jenjang pendidikan SMA/SMK, dan juga informasinya mudah dipahami.

Balas

Fathann, Kamis, 8 Jul 2021

Hehehee…

Balas

FARELL, Kamis, 8 Jul 2021

Sma

Balas

KAYLLA, Kamis, 8 Jul 2021

Wah.. informasinya sangat bermanfaat dan mudah dipahami.
Saya memilih SMK

Balas

Ica, Kamis, 8 Jul 2021

Saya memilih sma agar bisa ke jenjang perguruan tinggi

Balas

Ica, Kamis, 8 Jul 2021

Informasi ini sangat membantu untuk yang masih bingung mau memilih SMA/SMK,dan informasinya sangat membantu.

Balas

santoro, Kamis, 8 Jul 2021

makasih informasinya

Balas

wahyu abdi, Kamis, 8 Jul 2021

Makasih informasinya bu

Balas

wahyu abdi, Kamis, 8 Jul 2021

terimakasih informasinya bu
informafisa sangat bermanfaat.

Balas

wahyu abdi, Kamis, 8 Jul 2021

terimakasih bu buat infonya jadi gak bingung milih sma atau smk

Balas

Febri Wulandari, Kamis, 8 Jul 2021

Terimakasih Bu atas info nya

Balas

Bernadeta Ayunila, Kamis, 8 Jul 2021

informasinya sangat bermanfaat untuk saya teman² yang kelas 9 dan mau masuk sma, terimakasih bu. saya lebih minat masuk sma.

Balas

Bernadeta Ayunila, Kamis, 8 Jul 2021

Terimakasih bu, informasinya sangat membantu. memudahkan saya untuk memilih mana yang lebih sesuai potensi dan minat saya

Balas

Faustina Bumi Raya, Kamis, 8 Jul 2021

Terimakasih banyak bu, informasinya sangat bermanfaat untuk saya. memudahkan saya untuk memilih mana yang lebih sesuai potensi dan minat saya.

Balas

Fadhel Titan Adinata, Kamis, 8 Jul 2021

Terimakasih Bu atas info nya

Balas

ANGGER DEWA EL GIBRANI, Kamis, 8 Jul 2021

Informasi yang bermanfaat, saya jadi tahu perbedaan SMA dan SMK, terimakasih

Balas

ANGGER DEWA EL GIBRANI, Kamis, 8 Jul 2021

Saya lebih memilih SMA karena Ingin kuliah.

Balas

ANGGER DEWA EL GIBRANI, Kamis, 8 Jul 2021

Saya lebih memilih SMA karena Ingin kuliah dan juga

Balas

ANGGER DEWA EL GIBRANI, Kamis, 8 Jul 2021

Saya lebih memilih SMA karena SMK langsung kerja

Balas

Amanda eka, Kamis, 8 Jul 2021

Wah terimakasih bu atas infonya, saya pribadi memilih SMA karena minat bakatnya ada disalah satu jurusan SMA dan saya juga ingin melanjutkan pendidikan diuniversitas yang saya impikan. Tapi bukan berarti jika bersekolah di SMK tidak bisa masuk universitas loh ya.

Balas

AMANDA EKA, Kamis, 8 Jul 2021

Terimakasih bu atas infonya, saya pribadi memilih SMA karena minat bakatnya ada disalah satu jurusan SMA dan saya juga ingin melanjutkan pendidikan diuniversitas yang saya impikan. Tapi bukan berarti jika bersekolah di SMK tidak bisa masuk universitas loh ya

Balas

Afwa, Kamis, 8 Jul 2021

Terimakasih untuk informasinya,sangat memudahkan saya untuk memilih antara SMA/SMK

Balas

Gisela Vanya Aurora, Sabtu, 10 Jul 2021

Terimakasih untuk informasi yang sangat bermanfaat ini bu, informasinya sangat mudah dipahami dan memudahkan saya untuk memilih sesuai potensi dan minat saya.
Saya memilih SMA.

Balas

TINGGALKAN KOMENTAR

Tefa Prodi TKJ

Majalah SMKN 1 Tuntang

Data Sekolah

SMKN 1 Tuntang

NPSN : 6990563

Jl. Mertokusumo Candirejo Tuntang Kabupaten Semarang
KEC. Tuntang
KAB. Semarang
PROV. Jawa Tengah
KODE POS 50131
TELEPON 081390220602
FAX 0723-1234567
EMAIL smkn1tuntang@gmail.com

Novel Karya Siswa

Toilet SMKN 1 Tuntang

Agenda

Tefa Prodi Tata Busana

Laboratorium Komputer

Kalender

Agustus 2021
S S R K J S M
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031