SEKILAS INFO
: - Kamis, 17-06-2021
  • 4 bulan yang lalu / SMKN 1 Tuntang mengucapkan Selamat Merayakan Imlek 2572
  • 11 bulan yang lalu / Selamat datang siswa baru SMKN 1 Tuntang tahun pelajaran 2020/2021
  • 1 tahun yang lalu / SMKN 1 Tuntang menerima peserta didik baru untuk tahun pelajaran 2020/2021. Info detail silahkan klik link berikut : https://bit.ly/PPDBSMKN1Tuntang
Pendidikanmu Masa Depanmu

Era sekarang ini adalah era di mana industri-industri begitu maju. Era teknologi yang membutuhkan sumber daya manusia siap pakai. Industri lebih banyak mencari orang-orang yang mampu dan bisa bekerjasama dengan mesin-mesin canggih. Era modern ini memberikan kesempatan sekaligus persaingan dalam dunia kerja. Era ini menjadi tantangan tersendiri bagi orang tua untuk menyiapkan generasi mudanya  agar bisa ikut berkompetisi dan mendapatkan peluang.

Pendidikan merupakan gerbang untuk memasuki masa depan yang lebih terarah. Dengan pendidikan orang akan lebih bisa mendapatkan pengetahuan serta pelatihan. Pendidikan yang baik akan menjadikan orang memiliki kompetensi yang lebih luas untuk bisa bertahan hidup di masa yang akan datang. Pendidikan mampu meningkatkan percaya diri,  membuka banyak kesempatan untuk berkarir dan tentunya ini bisa menjadi jalan untuk meningkatkan taraf hidup.

Siswa sekolah kelas IX yang hendak meneruskan pendidikan saat ini sedang dalam proses mencari lembaga pendidikan untuk dijadikan tempat menuntut ilmu selanjutnya. Harapan mereka tumbuh karena memang langkah mereka masih panjang. Masih dibutuhkan tambahan wawasan dan tempat untuk mengarahkan mereka agar makin terasah kemampuannya. Pada usia siswa ini, mereka sudah bisa diajak diskusi. Mereka sudah bisa mencari sekolah tujuan berdasarkan pencarian sendiri melalui internet ataupun referensi dari teman-teman sekelasnya.

Setiap anak unik dan memiliki potensi diri yang bisa berbeda-beda. Minat anak kadang tidak sama antara satu anak dengan anak lainnya.  Hal ini merupakan keniscayaan karena memang Allah SWT menciptakan demikian. Anak ada yang memiliki minat hanya di satu bidang tertentu, sebagai contoh bisa ditemui ada anak yang sangat mahir dalam bidang matematika, namun dia kurang tertarik dalam bidang seni atau bidang lainnya sehingga nilai pada pelajaran tertentu tersebut tidak begitu bagus. Demikian juga sebaliknya.

Lembaga pendidikan sekarang ini telah tumbuh subur dan bisa dikatakan melimpah.   Hampir bisa dikatakan setiap daerah sudah terjangkau oleh fasilitas ini. Sekolah-sekolah sudah mudah di temui di kota-kota bahkan menjangkau ke pelosok desa. Negara sudah sangat memperhatikan pentingnya pendidikan sehingga banyak ditemui sekolah-sekolah negeri. Begitu semaraknya lembaga pendidikan ini bahkan  tak ketinggalan yayasan-yayasan swasta pun turut ambil bagian untuk mencerdaskan bangsa.

Wali murid saat ini sudah dimudahkan dalam memilih pendidikan untuk putra-putri mereka. Kemudahan ini tentu akan membuat wali murid lebih bisa menimbang, sekolah mana yang tepat untuk memberikan pendidikan anaknya. Wali murid akan mencari, membandingkan, mengukur kemampuan serta menilai kualitas lembaga-lembaga pendidikan yang menjadi rujukannya. Sebuah kewajaran karena wali murid adalah konsumen dan sekolah ibarat sebuah produk. Produk yang mampu meyakinkan konsumen tentunya yang akan bisa memenangkan hati dan menjadi pilihan.

Sekolah lanjutan menengah tingkat atas sekarang sudah beragam. Ada yang pola pendidikannya banyak menerapkan teori yakni yang biasa disebut SMA [Sekolah Menengah Atas]. Memadukan antara pelajaran-pelajaran umum dan agama diantaranya ada MA [Madrasah Aliyah]. Selanjutnya yang juga tak kalah populer adalah sekolah yang memperbanyak materi praktek daripada teori adalah SMK [Sekolah Menengah Kejuruan].

SMKN 1 Tuntang tampaknya memahami dengan kebutuhan masyarakat. Mereka berusaha mewujudkan adanya sekolah yang mampu mengembangkan potensi siswa berdasarkan minat dan bakat mereka. Hal jnj dibuktikan dengan dibukanya program pendidikan dengan kelas-kelas keahlian spesifik. Program beragam tersebut diantaranya :

  • Program Teknik dan Bisnis Sepeda Motor
  • Program Teknik Komputer Jaringan
  • Program Tata Busana

Program kejuruan diatas tentu sangat menarik karena jalan meraih sukses begitu lebar. Siswa akan dididik dengan berdasarkan keahlian yang dipilih. Siswa sudah tahu kemampuan apa yang akan dimilikinya setelah lulus kelak. Hal ini tentu akan menjadikannya lebih siap untuk menghadapi dunia kerja. Selain itu dengan sudah memiliki ketrampilan, siswa juga bisa menciptakan peluang kesuksesan sendiri dengan berwirausaha.

Lulusan SMKN 1 Tuntang juga bisa melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi untuk meningkatkan keahliannya. Dengan kemampuan yang dimiliki sebelumnya, alumni akan lebih bisa berekspresi untuk menentukan langkah hidupnya. Setelah lulus mau mencari kerja, menjadi enterpreneur atau lanjut kuliah.

Dengan demikian, SMKN 1 Tuntang bisa menjadi pilihan yang tepat untuk mengasah minat anak lulusan sekolah lanjutan tingkat pertama dalam mengembangkan potensi diri untuk meraih masa depan gemilang.

Penulis : Tarto, Guru di PAUD Islam Hidayatullah Banyumanik Semarang

4 komentar

Puji Rahayu, Selasa, 1 Jun 2021

Pendidikan memang penting untuk meningkatkan kwalitas SDM di era sekarang ini, dan salah satu lembaga pendidikan kejuruan yang potensial yang memiliki program2 pendidikan keahlian spesifik ada di SMK N 1 Tuntang ya

Balas

difa, Selasa, 1 Jun 2021

Meski dimasa pandemi,terus semangat untuk para pendidik indonesia

Balas

Siti Khodijah, Selasa, 1 Jun 2021

Balas

Fatricha, Selasa, 1 Jun 2021

Yes… Kwalitas pendidikan adalah Salah satu dari kesukseaan kehidupan masa depan.

Balas

TINGGALKAN KOMENTAR

Tefa Prodi TKJ

Majalah SMKN 1 Tuntang

Data Sekolah

SMKN 1 Tuntang

NPSN : 6990563

Jl. Mertokusumo Candirejo Tuntang Kabupaten Semarang
KEC. Tuntang
KAB. Semarang
PROV. Jawa Tengah
KODE POS 50131
TELEPON 081390220602
FAX 0723-1234567
EMAIL smkn1tuntang@gmail.com

Novel Karya Siswa

Toilet SMKN 1 Tuntang

Tefa Prodi Tata Busana

Laboratorium Komputer

Kalender

Juni 2021
S S R K J S M
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930