SEKILAS INFO
: - Selasa, 15-06-2021
  • 4 bulan yang lalu / SMKN 1 Tuntang mengucapkan Selamat Merayakan Imlek 2572
  • 11 bulan yang lalu / Selamat datang siswa baru SMKN 1 Tuntang tahun pelajaran 2020/2021
  • 1 tahun yang lalu / SMKN 1 Tuntang menerima peserta didik baru untuk tahun pelajaran 2020/2021. Info detail silahkan klik link berikut : https://bit.ly/PPDBSMKN1Tuntang
Mewujudkan SMKN 1 Tuntang Berkumandang

Menentukan pilihan sekolah usai lulus dari bangku SMP sangatlah penting bagi calon peserta didik yang ingin melanjutkan pendidikan kejenjang berikutnya. Apalagi banyaknya pilihan sekolah yang berlomba-lomba menawarkan berbagai program keunggulan baik dari segi kualitas maupun kuantitas serta sarana dan prasarana pendukungnya untuk menarik dan menjaring minat calon peserta didik terutama pendidikan vokasi saat ini. Pemerintah dalam hal ini Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset danTeknologi dengan program Revitalisasi sekolah menengah kejuruan diharapkan mampu membenahi system pendidikan vokasi di Indonesia sebagai institusi pendidikan yang bisa menyediakan teknisi keahlian madya terbesar dan bervariasi baik dari sisi peluang kerja maupun dari sisi purna pendidikan, atau bagi siswa yang tidak punya kesempatan melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi.
Sehingga jenjang pendidikan jalur vokasi tidak hanya mampu mencetak tenaga yang siap kerja namun lebih utama mampu menghasilkan tamatan berkarakter, pengembangan keunggulan lokal, dan mumpuni untuk bersaing di pasar global. Sehingga SMK benar-benar menjadi partner bagi industri guna menjaga kualitas lulusan sesuai kebutuhan industri. Untuk mendukung hal tersebut setidaknya, ada tiga alasan yang mendasar untuk memajukan pendidikan vokasi di SMKN 1 Tuntang. Pertama, SMK berperan sebagai elevator atau tangga tercepat dari masyarakat yang berasal dari kalangan kurang mampu untuk bisa menaikkan taraf hidupnya. Kedua, lulusan SMK bisa memiliki pilihan dalam hidupnya,pilihan untuk bekerja atau berwirausaha sesuai dengan kompetensinya. Ketiga SMK mampu mendukung pertumbuhan sector ekonomi dan industri di Indonesia.sebab lulusan SMK saat ini telah distandarisasi sesuai dengan standar KKNI atau Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia yang dipersyaratkan oleh Bandar Nasional Standarisasi Profesi sehingga mampu bekerja pada bidang-bidang profesional ataupun kegiatan kerja mandiri.
SMKN 1 tuntang sebagai SMK yang visioner dan mempunyai daya dukung sumber daya manusia yang mumpuni untuk menjalankan civitas akademik perlu penataan dan pengembangan vokasi khususnya untuk mewujudkan SMK sebagai pusat keunggulan yang digaungkan perintah melalui kebijakan merdeka belajar salah satunya program Center of Excellence(CoE) sebagai jembatan antara Industri dan dunia kerja (Induka) dan Sekolah kejuruan. Pengembangan center of excellence di pendidikan vokasi hendaknya tidak hanya sekadar pelabelan nama saja, tetapi diperlukan standardisasi sumber daya, model bisnis, indikator kinerja dan pengukurannya, serta tata kelolanya sehingga menunjukkan keunggulan yang dapat diakses dan dimanfaatkan oleh para pemangku kepentingan, khususnya pengguna lulusan dunia usaha dan industry. Langkah – langkah yang perlu segera di eksekusi untuk mewujudkan CoE tersebut, saran dari penulis yaitu segera melakukan reskillings dan upskilling SDM pendidikan vokasi, khususnya pada pengembangan kompetensi baru yang dibutuhkan di pasar kerja dan pembelajaran di era revolusi 4.0. Modernisasi fasilitas dan sarana prasarana untuk mendukung peningkatan kualitas pembelajaran abad 21 yakni mengadopsi kemajuan teknologi berupa pengembangkan learningspace dan makerspace.
Dan perlu pengembangkan kurikulum yang lebih fleksibel dan kontekstual mengintegrasikan pembelajaran di sekolah, di masyarakat, dan di industri. Untuk mengembangkan kompetensi-kompetensi yang relevan sesuai potensi wilayah, problem solving di kehidupan bermasyarakat, dan pekerjaan di masa depan (penggunaan teknologi tepat guna, membuat aplikasi, dan menjalankan bisnis secara digital) dan penguasaan bahasa internasional perlu menjadi perhatian khusus. Dalam peningkatan kerjasama industri perlu implementasi dalam kegiatan riset, pelatihan, resource sharing, belajar mengajar, sertifikasi kompetensi, magang, dan penempatan kerja. Serta mengembangkan inovasi produk dan inkubator bisnis untuk menumbuhkan start up bisnis, mulai dari analisis pasar, ide, rencana bisnis, hingga mendirikan dan mengelola usaha secara nyata dalam pengembangan kurikulum kewirausahan digital. Terkait hail ini maka inovasi pembelajaran dengan pengoptimalkan penggunaan dan pengembangan teknologi 4.0 seperti pembelajaran daring, artificial intelligent, media virtual reality/augmented reality, 3D printing, smart technology, big data analysis, dan machine learning perlu diterapkan demi memenuhi ketercapaian sesuai keinginan pengguna purna pendidikan.Tata kelola dan kepemimpinan dengan menerapkan good school governance juga tidak kalah penting sebagai parameter keberhasilan sekolah.

Sosial Kultur SMKN 1 Tuntang

Sampai saat ini di SMKN 1 Tuntang membuka/menyediakan tiga bidang keahlian, yakni tata busana, teknik sepeda motor dan teknik computer jaringan. Menyikapi perubahan jaman yang begitu cepat SMKN 1 Tuntang dengan sigap dan tanggap membaca peluang arah dan alur perubahan tersebut salah satunya dengan dibukanya program keahlian Teknik computer dan jaringan sebagai jawaban atas tantangan perubahan lompatan teknologi yang serba digital ditandai dan dimulai dengan adanya wabah pandemic corana19. Konsep ini sebenarnya sesuai dengan desain awal SMKN 1 tuntang yang jauh-jauh sebelumnya sudah memprediksi bahwa kedepan tantangan jaman begitu rumit dan komplek maka diperlukan strategi dan langkah kongkrit, yaitu SMK yang mampu menghasilkan tenaga kerja yang kompeten dan bersertifikat serta proses pembelajarannya pun diarahkan pada kemandirian untuk menciptakan peluang usaha bukan pencari kerja. Sehingga Siswa diberi kebebasan untuk berinovasi dan berkreativitas sesuai dengan bidangnya. Lantas guru hanya mediator dan menyampaikan permasalahannya. Sementara solusinya diserahkan kepada siswa. Dengan demikian, siswa terlatih berinovasi menciptakan ide-ide baru untuk dikritisi guru dan teman-temannya untuk kemudian diperbaiki. Serta di sisi lain, secara tidak langsung communication skill siswa juga terasah dan trampil.
Selain itu, guru-guru SMKN 1 tuntang dalam mengajar juga mengajarkan sosial kultur guna memberikan bekal siswa dalam berinteraksi dan bersosialisasi di lingkungan kerja kelak. Sehingga tak perlu diragukan lagi dalam beradaptasi dalam dunia kerja. Ini terbukti dari serapan lulusan di dunia kerja dan dunia industry, lulusan SMKN 1 tuntang mampu bersaing secara akademik dan beretika. Sehingga benar-benar terwujud SMKN 1 berkumandang tidak hanya dituntang melainkan sampai terdengar dipelosok pinggiran.

Penulis : Hajar Budi, S. Pi, Guru SMKN 1 Giritontro

55 komentar

Hayang penatah penatih, Kamis, 27 Mei 2021

Tulisanya inspiratif

Balas

Yulia, Kamis, 27 Mei 2021

Menarik dan inspiratif tulisannga

Balas

Ibu siska smkn sragen, Kamis, 27 Mei 2021

Semoga menginfirasi teman teman untuk smk yang lain untuk mengembangkan smk unghulan

Balas

Mubari smkn 4 pati, Kamis, 27 Mei 2021

Luar biasa tulisannya maz hajar.lanjutkan karyamu

Balas

Widyawati, Kamis, 27 Mei 2021

CoE sekolah unggulan.bagus tulisanya

Balas

Susii, Kamis, 27 Mei 2021

Tulisanya menarik dan insfiratif untuk SMK vokasi

Balas

Minto edi, Kamis, 27 Mei 2021

Tulisannya bagus dan inspiratif untuk pengembangan sekolah vokasi Terutama CoE untuk mewujudkan smk unggulan

Balas

Minto edi, Kamis, 27 Mei 2021

Tulisannya memotivasi orang tua untuk menyekolahkan anaknya di SMK

Balas

Minto edi, Kamis, 27 Mei 2021

Tulisannya memotivasi orang tua untuk menyekolahkan di SMK

Balas

Budi, Kamis, 27 Mei 2021

SMK mampu mengikuti perkembangan zaman, mantap kali bang

Balas

Ismail, Kamis, 27 Mei 2021

SMK bisa… tulisannya sesuai dgn perkembangan zaman menuju era 4.0

Balas

Purwari Puji Rahayu, Kamis, 27 Mei 2021

Mantap pak Hajar.. lanjutkan… jos gandos…

Balas

Wahyu jati, Kamis, 27 Mei 2021

Luar biasa pak hajar….menginspirasi perkembangan dunia pendidikan

Balas

Roma, Kamis, 27 Mei 2021

Mantap pak, bagus dan inspiratif.
SMK bisaa

Balas

Nurul, Kamis, 27 Mei 2021

SMK bisa, P Hajar

Balas

WIWIK WIDTASTUTI, Kamis, 27 Mei 2021

Mantap dik Hajar.. Menarik dan inspiratif, lanjutkan sukses selalu…

Balas

Dony Barlianto, Jumat, 28 Mei 2021

Saya sepakat dengan pendapatnya P Hajar, SMK harus berperan lebih besar lagi, dalam dunia pendidikan kita…Sukses selalu dan terus berkarya….

Balas

Heru Setiawan, Jumat, 28 Mei 2021

Sukses selalu ….
Lanjutkan Pa Hajar Budi Waskito

Tetap Berkarya Demi Kemajuan Pendidikan Bangsa.

Balas

Novi smk4 probolinggo, Jumat, 28 Mei 2021

Aktual

Balas

Pandu Yustika, Jumat, 28 Mei 2021

Mantap

Balas

Haya, Jumat, 28 Mei 2021

Menarik

Balas

Nela, Jumat, 28 Mei 2021

Insfiratif untuk pengembangan vokaai

Balas

Nova, Jumat, 28 Mei 2021

CoE joss lanjutkan

Balas

Rendra, Jumat, 28 Mei 2021

Solutif tulisanya

Balas

Siti rodiah, Jumat, 28 Mei 2021

Karya mantul

Balas

Haval hava, Sabtu, 29 Mei 2021

Tulisanya layak.diperhitungkan

Balas

Sunarti, Sabtu, 29 Mei 2021

Menarik.dibaca

Balas

Slamet temon, Sabtu, 29 Mei 2021

Bijaksana aktual dan detail

Balas

Tanu, Sabtu, 29 Mei 2021

temanku satu ini mmemang inspiratif…. lanjut bro terus berkarya….

Balas

Elisa, Sabtu, 29 Mei 2021

Lanjutkan jgn putus asa semoga menang lombanya.tulisanya infiratif soalnya

Balas

Taufik, Minggu, 30 Mei 2021

Saya membaca semua artikel.yang dimuat di koran semua bagus bagus.saya nanti tulisannya dikoran koran .semoga jurinya objektif

Balas

Hari sulistiyawan, Minggu, 30 Mei 2021

Pak hajar.memamng bakat menulis.semua tulisanya dikoran inspiratif dan menarik

Balas

Agus komarudin, Senin, 31 Mei 2021

Menarik untuk dibaca

Balas

Taat Ismanto, Senin, 31 Mei 2021

Mantap Pak Guru , Alhamdulillah, sangat inspiratif, bisa menambah ilmu dan wawasan dalam dunia pendidikan, kami tunggu ilmu dan karya2 berikutnya dari Pak Guru Hajar. Buat Pak Hajar ,luar biasa !!!.

Balas

Derwinta, Senin, 31 Mei 2021

Sangat menarik dan inspiratif…untuk bro hajar semangat terus ya,,ditunggu karya dan tulisan selanjutnya

Balas

Derwinta, Senin, 31 Mei 2021

Sangat menarik dan inspiratif..untuk bro hajar ditunggu karya dan tulisan selanjutnya

Balas

Boby, Senin, 31 Mei 2021

Mantap Bpk. Hajar, Sukses buat programnya

Balas

Dessi, Senin, 31 Mei 2021

Keren, memang seharusnya pendidikan kita menyesuaikan dengan kebutuhan dunia usaha dan dunia industri. Siswa dan juga dunia kerja sangat butuh sekolah seperti SMKN 1 Tuntang. Maju terus SMKN 1 Tuntang

Balas

Galih, Senin, 31 Mei 2021

Cukup menarik, bahasanya luas y..

Balas

Sukma, Senin, 31 Mei 2021

Pendidikan vokasi menjadi primadona di era 4.0 saat ini. Ulasannya menarik. Salam kenal dan tetap semangat berbagi ilmu dan wawasan.
Sukses selalu dalam berkarya, aamiin

Balas

Teguh ferdinand, Senin, 31 Mei 2021

Mantap Pak guru sukses selalu…

Balas

Ridho, Senin, 31 Mei 2021

Inspiratif…

Balas

Ridho, Senin, 31 Mei 2021

Inspiratif dan bermanfaat

Balas

Firdaus, Selasa, 1 Jun 2021

Vokasi bisa

Balas

Setyo banyuasin, Selasa, 1 Jun 2021

Penulis hebat harusnya menang kalo jurinya objektif

Balas

Eva paradina, Rabu, 2 Jun 2021

Bagus lanjut

Balas

Yunanti, Jumat, 4 Jun 2021

Idenya bagus

Balas

Tarmi, Sabtu, 5 Jun 2021

Luar biasa

Balas

Agus sukendro, Minggu, 6 Jun 2021

Menarik

Balas

Paidi, Minggu, 6 Jun 2021

Aoik tenan tulisane

Balas

arif, Sabtu, 12 Jun 2021

Mantab

Balas

Sutoro, Sabtu, 12 Jun 2021

Insfiratif

Balas

Suyadi, Sabtu, 12 Jun 2021

Menarik

Balas

Endang, Senin, 14 Jun 2021

Menarik

Balas

Lina.t, Senin, 14 Jun 2021

Joss

Balas

TINGGALKAN KOMENTAR

Tefa Prodi TKJ

Majalah SMKN 1 Tuntang

Data Sekolah

SMKN 1 Tuntang

NPSN : 6990563

Jl. Mertokusumo Candirejo Tuntang Kabupaten Semarang
KEC. Tuntang
KAB. Semarang
PROV. Jawa Tengah
KODE POS 50131
TELEPON 081390220602
FAX 0723-1234567
EMAIL smkn1tuntang@gmail.com

Novel Karya Siswa

Toilet SMKN 1 Tuntang

Tefa Prodi Tata Busana

Laboratorium Komputer

Kalender

Juni 2021
S S R K J S M
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
282930