SEKILAS INFO
: - Rabu, 27-10-2021
  • 2 bulan yang lalu / Pemenang Lomba Guru Menulis SMKN 1 Tuntang akan diumumkan hari ini pukul 09.45 WIB.
  • 2 bulan yang lalu / SMKN 1 Tuntang mengucapkan Dirgahayu Propinsi Jawa Tengah ke 71
  • 2 bulan yang lalu / SMKN 1 Tuntang mengucapkan Selamat Tahun Baru Islam 1443 H
Meniti Asa di SMKN 1 Tuntang

Menjadi sukses tidak harus berlatar belakang sebagai anak orang kaya ataupun anak mama yang semua permintaan selalu dituruti orang tua. Slogan “SMK PASTI BISA” sangat tepat untuk anak jaman “now”. Sebagai siswa harusnya juga sadar betul dan betul-betul sadar bahwa dirinya adalah tanggung jawab orang tua, jadi apapun yang akan direncanakan dan di dilakukan harus seijin orang tua agar orang tua bisa membantu jika ada masalah di kemudian hari.

Sekolah pun jangan sampai tampil “apa adanya”, artinya SDM dan fasilitas yang ada harus dikembangkan secara maksimal. Sekolah harus mempunyai keunggulan yang bisa di unggulkan.

Sebagai orang tua kita juga tidak bisa menutup mata bahwa, kesuksesan anak harus ada Kerjasama antara orang tua dan warga sekolah. Orang tua yang memikirkan masa depan anak harus betul-betul mengawal bakat, minat dan Tindakan anak baik dilingkungan rumah maupun diluar rumah.

Seperti halnya sekolah SMK pada umumnya, manfaat bagi siswa yang sekolah di SMK Negeri 1 Tuntang antara lain; Bisa langsung kerja atau Bisa melanjutkan Kuliah, lulusan SMK dipandang layak kerja karena selama belajar di SMK dibekali dengan keahlian yang dapat di gunakan siswa bekerja tanpa kuliah terlebih dahulu. Meskipun begitu Siswa yang lulus dari SMK dan masih ingin menimba ilma pada jenjang lebih tinggi dapat melanjutkan ke perguruan tinggi yang sesuai dengan jurusan yang diambil di SMK. Bagaimana jika lulusan SMK ingin kuliah sambal bekerja? Jawabnya sangat bisa!.

Banyak lulusan SMK lanjut kerja dan diakhir pekan mereka melanjutkan Pendidikan di bangku perkuliahan dengan hasil sendiri tanpa merepotkan orangtua. Manfaat lainnya siswa lulusan SMK bisa buka usaha setelah menyelesaikan studinya.

Dengan banyaknya manfaat lulusan SMK tentunya membutuhkan proses yang Panjang untuk mewujudkan semuanya. Pembelajaran di SMK tidak hanya teori tetapi juga praktek. Pelajaran di SMK lebih dititikkan pada praktek di banding teori. Inilah yang membedakan SMA dengan SMK.

Oleh karena itu banyak perusahaan yang mencari karyawan lulusan SMK dari pada lulusan SMA.

Ada tiga jurusan di SMK Negeri 1 Tuntang, yang meliputi tata busana, Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) juga Teknik dan Bisnis Sepeda motor. Ketiga jurusan tersebut mempunyai ciri khas dan kompetensi keahlian yang berbeda. Siswa bisa mengambil jurusan sesuai bakat dan minatnya.

Jurusan tata busana salah satu jurusan di SMK yang digemari perempuan kerap mencetak professional-profesional ternama di bidang fashion. Pada jurusan ini siswa akan belajar tentang pengetahuan bahan tekstil, desain pembuatan pola, teknologi menjahit, desain busana, hiasan busana dan produk kreatif kewirausahaan. Sehingga Jurusan ini mencetak lulusan yang mampu bersaing di industri garmen dan mampu menciptakan usaha di bidang modiste maupun butik.

Teknik komputer dan Jaringan (TKJ) merupakan salah satu program keahlian SMK yang bergerak di bidang informasi dan teknologi. Siswa jurusan TKJ dididik untuk mampu melakukan instalasi jaringan computer baik computer dalam rumah/ kantor, antar kantor, antar kota, antar provinsi bahkan antar negara. Jurusan ini mencetak lulusan yang mampu bersaing di industri dan mampu menciptakan usaha di bidang komputer.

Pada jurusan Teknik dan Bisnis sepeda motor mencetak lulusan yang mampu bersaing di industri dan mampu menciptakan usaha di bidang sepeda motor. Bidang pekerjaan yang dapat diisi oleh tamatan Kompetensi keahlian Teknik dan Bisnis sepeda motor antara lain; teknisi atau mekanik pada bengkel sepeda motor, teknisi perakitan atau teknisiproduksi pada industry sepeda motor dan wirausahawan dalam bidang otomotif ( bengkel sepeda motor.

Pepatah “hidup adalah pilihan” sesuai dengan siswa yang akan menentukan jurusan yang di minati sesuai bakatnya masing-masing. Meniti asa di SMK Negeri 1 Tuntang merupakan pilihan yang tepat karena siswa akan di didik sesuai jurusan yang diambil. Kesuksesan tidak datang begitu saja tetapi perlu di perjuangkan. Selamat menempuh Pendidikan di SMK Negeri 1Tuntang, jangan lupa agar antara asa dan realita bisa seiring dan sejalan perlu doa dan usaha.

Selamat berjuang untuk anak-anak yang sedang merintis masa depan gemilang semoga sukses selalu.

Penulis :  Sri Lestari,S.Pd, Guru SMP Negeri 38 Semarang

11 komentar

Sriyono, Minggu, 13 Jun 2021

sangat inspiratif….

Balas

Suparman, Minggu, 13 Jun 2021

Semoga sukses SMKN 1 Tuntang dlm menghadapi tantangan masa sekarang

Balas

ardila, Selasa, 22 Jun 2021

smg sukses…

Balas

Maryadi, Selasa, 22 Jun 2021

Masya Allah… menginspirasi dan memotivasi.
Sukses selalu
SMK pasti bisa.

Balas

Maryadi, Selasa, 22 Jun 2021

Maju terus berkarya Utk bangsa
SMK bisa

Balas

yanor, Selasa, 22 Jun 2021

semoga sukses

Balas

yanor, Selasa, 22 Jun 2021

semoga sukses SMKN 1 tuntang semakin oke

Balas

Sujiyanto, Selasa, 22 Jun 2021

sangat bagus…kreatif bingit,

Balas

Angga, Selasa, 22 Jun 2021

smk pasti bisa

Balas

Sri puji rahayu, Minggu, 11 Jul 2021

Keren Bu..

Balas

Ali Imron, Senin, 16 Agu 2021

mantaap …. semoga sukses

Balas

TINGGALKAN KOMENTAR

Tefa Prodi TKJ

Majalah SMKN 1 Tuntang

Data Sekolah

SMKN 1 Tuntang

NPSN : 6990563

Jl. Mertokusumo Candirejo Tuntang Kabupaten Semarang
KEC. Tuntang
KAB. Semarang
PROV. Jawa Tengah
KODE POS 50131
TELEPON 081390220602
FAX 0723-1234567
EMAIL smkn1tuntang@gmail.com

Novel Karya Siswa

Toilet SMKN 1 Tuntang

Tefa Prodi Tata Busana

Laboratorium Komputer

Kalender

Oktober 2021
S S R K J S M
 123
45678910
11121314151617
18192021222324
25262728293031