SEKILAS INFO
: - Jumat, 24-09-2021
  • 1 bulan yang lalu / Pemenang Lomba Guru Menulis SMKN 1 Tuntang akan diumumkan hari ini pukul 09.45 WIB.
  • 1 bulan yang lalu / SMKN 1 Tuntang mengucapkan Dirgahayu Propinsi Jawa Tengah ke 71
  • 1 bulan yang lalu / SMKN 1 Tuntang mengucapkan Selamat Tahun Baru Islam 1443 H
Mengenal Slogan SMKN 1 Tuntang yang “ASIK SEKALI”

Slogan atau yang biasa disebut dengan semboyann atau motto merupakan kumpulan kata atau frase yang menarik, singkat, dan mudah diingat sebagai tuntunan (pegangan hidup), prinsip utama dari suatu usaha, organisasi, dsb. Slogan akan ditulis dengan mematuhi prinsip hemat, menarik, mudah diingat, dan persuasif (Kosasih, 2017: 29). Pengertian ini senada dengan pendapat Pardjimin (2005:33) yang menyatakan bahwa ciri khusus dari slogan adalah menarik, mencolok, dan mudah diingat dengan tujuan memberitahukan tujuan atau visi dari suatu organisasi, kegiatan, golongan, atau pun perusahaan. Slogan disampaikan dengan tujuan menyampaikan informasi, menghimbau, menyadarkan, memengaruhi, dan memotivasi pembaca/ orang lain. Dengan memiliki slogan, arah atau tujuan suatu organisasi menjadi lebih jelas hingga nantinya akan banyak dikenal oleh masyarakat.

Sebagai institusi Pendidikan, SMKN 1 Tuntang telah merancang slogan yang diperkenalkan oleh masyarakat. Slogan tersebut dibuat menjadi akronim “ASIK SEKALI”. Pembuatan slogan dengan akronim seperti itu sebetulnya sudah sangat tepat untuk memenuhi syarat kata-kata/ frase-frase menjadi sebuah slogan. Dalam pembuatannya, SMKN 1 sangat cerdas dalam memanfaatkan bahasa hingga slogan yang dihasilkan menjadi akronim yang mudah diingat dan diterima di telinga pembaca/ masyarakat. Apalagi slogan ini juga dibarengi usaha-usaha dari pihak sekolah untuk mewujudkan slogan tersebut. Slogan yang dinamai dengan akronim “ASIK SEKALI” ini merupakan kependekan dari Adaptif, Smart, Inovatif, Kompetitif, Self Relience Knowledgeable and Literate.

Adaptif merupakan sebuah sifat yang mudah menyesuaikan diri dengan keadaan apa pun. Kita tahu bahwa sekarang ini kita dihadapkan pada zaman teknologi informasi yang berkembang sangat cepat. Perkembangan ini tentunya menuntut kita sebagai pembelajar maupun pebelajar mampu untuk mengikutinya dengan cara menguasai teknologi. Kebetulan dunia sedang dilanda pandemi Covid-19 yang memaksa institusi pendidikan mengubah cara belajar yang tadinya bertemu, tatap muka secara nyata, sekarang berubah menjadi tatap muka secara virtual atau bahkan ada yang hanya melalui chat dalam pembelajarannya.

SMKN 1 Tuntang hadir sebagai sebuah solusi untuk mengatasi hal ini. Dengan mengusung sekolah berbasis digital, sekolah ini telah menyediakan aplikasi e-learning untuk menjembatani pembelajaran antara murid-murid dengan para gurunya. Aplikasi ini sangat membantu para siswa maupun guru dalam belajar. Para guru belajar untuk bagaimana tampil di depan kamera dan menyampaikan materi jika tidak bertemu secara langsung, sedangkan siswa-siswinya juga bisa belajar materi  dengan menyenangkan seperti melihat video maupun berbicara langsung dengan para gurunya. Sungguh konsep e-learning yang dibangun ini tentu menjadi salah satu indikator bahwa SMK N 1 Tuntang telah menjadi sekolah yang benar-benar mampu untuk menyesuaikan diri dengan kondisi seperti sekarang ini serta siap untuk menerima segala perubahan.

Smart merupakan kata dalam bahasa Inggris yang berarti cerdas. Kecerdasan ini merupakan syarat mutlak yang harus dimiliki oleh setiap sekolah agar lulusannya berkualitas. kecerdasan yang dibangun oleh SMKN 1 Tuntang, pun juga tidak hanya kecerdasan intelektual, tetapi juga kecerdasan emosional dan spiritual. Kecerdasan intelektual sekolah ini ditunjukkan dengan keberhasilannya dalam menyusun rencana kurikulum tahun pelajaran 2020/2021 sehingga mendapatkan juara dan penghargaan dari BPTIK Dikbud Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah. Kegiatan seperti tadarus Alquran dan kultum yang dikemas dalam giat pagi juga telah dipersiapkan di sekolah ini guna melatih kecerdasan spiritual. Tidak lupa untuk mengasah kecerdasan emosionalnya, sekolah ini juga membantu mitra dalam memecahkan masalah-masalah yang berkaitan dengan pendidikan baik jenjang SD, SMP, maupun SMK.

Inovatif merupakan kata yang berarti memiliki cara berpikir untuk mendapatkan solusi-solusi yang baru dan kreatif. Sekolah yang inovatif akan selalu mempunyai solusi yang cerdas dalam setiap masalah. Dalam perjalanannya, SMKN 1 Tuntang telah sangat berpikir inovatif. Keinovatifannya dibuktikan dengan membuat jaringan, aplikasi, serta memberikan pelatihan untuk guru-guru dalam melaksanakan ulangan tanpa kertas di SMP Negeri 3 Ambarawa.  Selain di SMP 3 Ambarawa, keinivatifan SMK N 1 Tuntang juga diwujudkan dengan membangun jaringan komputer. Pengerjaannya dilakukan oleh siswa-siswi SMK N 1 Tuntang beserta guru pendamping. Harga yang ditawarkan pun juga terjangkau dengan kualitas yang sangat bagus.

Kompetitif berarti berhubungan dengan kompetisi. Kompetitif dapat diartikan sebagai usaha untuk mampu bersaing dengan yang lain. Sikap kompetitif SMKN 1 Tuntang dibuktikan dengan dilatihnya para guru untuk membuat pembelajaran yang menyenangkan. Kegiatan tersebut bertujuan untuk memperkuat pedagogik para guru dalam mempersiapkan pembelajaran baik daring maupun tatap muka sehingga mampu bersaing dengan guru-guru lainnya. Guru-guru di SMK N 1 Tuntang selalu mengadakan kegiatan-kegiatan yang melatih seluruh sivitas akademiknya mampu bersaing dengan sekolah lain.

Mungkin kita baru mendengar istilah self reliance. Self reliance merupakan sebuah sikap yang tidak bergantung dengan orang/ pihak lain. SMKN 1 Tuntang telah berusaha untuk mandiri atau tidak bergantung dengan sekolah lain. Sikap ini juga dilakukan dengan tidak hanya menerima bantuan dari orang lain, tetapi dengan memberikan bantuan kepada orang lain. Ketika melatih para guru untuk menyiapkan pembelajaran yang menarik pun, kepala SMKN 1 Tuntang menjadi narasumber utama dalam kegiatannya. Selain itu, Kepala SMKN 1 Tuntang juga memberikan pelatihan kepada guru-guru berstatus GTT SMK N 6 Semarang agar lolos P3K. Hal ini dapat dijadikan petunjuk bahwa SMKN 1 Tuntang mampu untuk tidak bergantung kepada orang lain.

Knowledgeable merupakan istilah dalam bahasa Inggris yang berarti berpengetahuan luas. Seseorang yang ingin menjadi penulis, tentu harus berpengetahuan luas. Tidak hanya ketika ingin menjadi penulis, ingin menjadi pembicara pun sangat dibutuhkan pengetahuan yang luas. Pengetahuan yang luas ternyata telah dimiliki oleh Kepala SMK N 1 Tuntang beserta para guru mata pelajaran. Terbukti sudah banyak tulisan yang dihasilkan maupun pelatihan-pelatihan yang diberikan kepada mitra.

Literate merupakan istilah dalam bahasa Inggris yang dapat diartikan terpelajar, mampu menulis dan membaca. Sebagai seorang pendidik, para guru tentu harus mampu memahami informasi yang diterima, meramu, kemudian menyampaikan informasi tersebut dalam sebuah tulisan. Seluruh sivitas akademik di SMKN 1 Tuntang pun juga ternyata mampu untuk menyampaikan informasi dalam bentuk tulisan yang dimuat dalam situs web, akun Facebook, dan Instagram. Tulisan-tulisan yang dihasilkannya pun juga menarik untuk dibaca serta sangat menambah informasi bagi pembacanya.

Jadi, sebagai institusi pendidikan yang mengedepankan mutu, SMK N 1 Tuntang telah membuat slogan yang menunjukkan karakteristik yang dimilikinya. Karakteristik yang dimiliki ini akan sangat mampu untuk menjadi wadah para lulusan SMP yang akan menjadi calon siswa-siswi yang nantinya setelah menimba ilmu di SMK akan dapat bekerja secara profesional.

Penulis : Agus Laksono, Guru Bahasa Indonesia di SMK Yayasan Pharmasi Semarang

36 komentar

Yonathan, Jumat, 28 Mei 2021

Good

Balas

rahayu, Jumat, 28 Mei 2021

slogan memang penting untuk semangat sekolah, keren

Balas

Ridwan Ramadhan, Jumat, 28 Mei 2021

Pembuatan slogan dengan akronim menurut saya sangat kreatif sekali dan unik dan tepat sekali akronim nya

Balas

Ridwan Ramadhan, Jumat, 28 Mei 2021

Slogan nya unik karena menggunakan akronim dalam pembuatan nya

Balas

Astri Widyanti, Jumat, 28 Mei 2021

Asik sekali slogannya, mudah diingat, dan pastinya lebih menarik minat masyarakat yang melihat.

Balas

indra, Jumat, 28 Mei 2021

wahh artikel diatas sangat menarik sekali

Balas

Erik, Jumat, 28 Mei 2021

Mantap luar biasa

Balas

M Yusuf I, Jumat, 28 Mei 2021

Nice

Balas

Widhiawan Agung Kusumo, Jumat, 28 Mei 2021

Betul pak saya setuju

Balas

avi, Jumat, 28 Mei 2021

mantaaapppp….

Balas

Sarah, Jumat, 28 Mei 2021

Balas

Afrian, Jumat, 28 Mei 2021

Mantap pak

Balas

Oni maharani, Jumat, 28 Mei 2021

Aplikasi e-learning emang sangat perlu untuk menjebatani murid dengan guru dan semoga atas terbentuk nya slogan sekolah tambah maju dan murid murid tambah semangat belajar nya

Balas

Ika, Jumat, 28 Mei 2021

Mantap pak agus, terus berkarya, dan semangat

Balas

Ahmad Ridho, Jumat, 28 Mei 2021

Suatu artikel yang luar biasa, dengan slogan yang mantapp

Balas

lis setyowati, Jumat, 28 Mei 2021

Kereeen pak

Balas

lis setyowati, Jumat, 28 Mei 2021

Inspiratif

Balas

Ratih, Jumat, 28 Mei 2021

Setuju pak

Balas

Anita Shofiyunada, Jumat, 28 Mei 2021

Nice

Balas

Suciati, Jumat, 28 Mei 2021

Mantap

Balas

Junarti, Jumat, 28 Mei 2021

Baru sadar ternyata smk negeri 1 tuntang ternyata bagus

Balas

Verna, Jumat, 28 Mei 2021

Wahh artikelnya sangat menginspirasi sekali. Lanjutkannn

Balas

Verna, Jumat, 28 Mei 2021

Sangatt insporatif pak

Balas

Verna, Jumat, 28 Mei 2021

Sangat inspiratif pak. Mantappp

Balas

DEWI RATIH, Jumat, 28 Mei 2021

Bagus sekali…

Balas

Wening Larasasi, Jumat, 28 Mei 2021

Menarik sekali slogan nya keren, simpel dan mudah diingat

Balas

B. Haryono, Jumat, 28 Mei 2021

Semoga slogannya bisa segera diterapkan di sekolah

Balas

Tarisa, Jumat, 28 Mei 2021

Bagus dan mudah dipahami

Balas

Ahmad Abdul Syakur, Sabtu, 29 Mei 2021

Paparan informasi yang rinci, gamblang. Semoga slogan ini menjadi “merit” menjadi nilai nilai yang menjadi karakter lembaga.

Balas

Dwi astuti, Sabtu, 29 Mei 2021

Verry good

Balas

Bu atik, Sabtu, 29 Mei 2021

Sipp pak

Balas

Novi, Senin, 31 Mei 2021

Slogannya asik penjelasannya mudah dipahami, sukses selalu untuk SmkN1Tuntang dan pak guru..

Balas

Saifullah Arif, Senin, 31 Mei 2021

Istimewa Pak bro

Balas

Arsyad, Selasa, 1 Jun 2021

Mantap, sangat menginspirasi Pak artikel nya…

Balas

Puput Muliana, Selasa, 1 Jun 2021

Menambah wawasan dan betul- betul asyik

Balas

Ahmad F, Rabu, 2 Jun 2021

Struktur halamanya keren

Balas

TINGGALKAN KOMENTAR

Tefa Prodi TKJ

Majalah SMKN 1 Tuntang

Data Sekolah

SMKN 1 Tuntang

NPSN : 6990563

Jl. Mertokusumo Candirejo Tuntang Kabupaten Semarang
KEC. Tuntang
KAB. Semarang
PROV. Jawa Tengah
KODE POS 50131
TELEPON 081390220602
FAX 0723-1234567
EMAIL smkn1tuntang@gmail.com

Novel Karya Siswa

Toilet SMKN 1 Tuntang

Tefa Prodi Tata Busana

Laboratorium Komputer

Kalender

September 2021
S S R K J S M
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930