
Peserta didik kelas XII SMKN 1 Tuntang telah menyelesaikan Praktik Kerja Lapangan atau PKL pada Senin, 23 Desember 2024 lalu. Mereka melaksanakan PKL selama kurang lebih 6 bulan. Sehingga pada Senin, 6 Januari 2025, peserta didik kelas XII masuk sekolah untuk pertama kalinya di semester 2 tahun pelajaran 2024/2025. Setelah satu semester melaksanakan PKL, peserta didik harus segera beradaptasi dengan lingkungan sekolah lagi seperti kegiatan belajar mengajar dan menaati peraturan yang berlaku. Termasuk harus mengulang, mempelajari lagi materi atau teori-teori pelajaran di sekolah untuk persiapan ujian sekolah. Hal ini tidaklah mudah, karena mereka sudah memiliki kebiasaan baru di tempat kerja yang sangat berbeda dengan sekolah. Untuk itu, penulis sekaligus guru Bahasa Inggris, berusaha memberikan tugas yang belum terlalu berat namun syarat akan kaidah ilmu Bahasa Inggris.
Guru memberikan tugas kepada peserta didik kelas XII TJKT untuk membuat teks dream job atau pekerjaan impian. Pada tugas ini, peserta didik harus mendeskripsikan pekerjaan impian masing-masing di masa depan sebanyak 2 sampai 3 paragraf. Sebelum mengerjakan tugas, guru menjelaskan future tense dan isi dari masing-masing paragraf. Paragraf pertama berisi tentang background atau menguraikan data diri seperti nama, kelas, alamat, hobi dan lain-lain. Paragraf kedua berisi tentang deskripsi pekerjaan apa yang mereka impikan. Termasuk tempat, lokasi dan gaji yang mereka inginkan. Paragraf selanjutnya berisi tentang penutup atau kata-kata motivasi. Peserta didik juga diperbolehkan mencari referensi atau sumber data dari internet tentang pekerjaan-pekerjaan, baik di dalam maupun luar negeri. Mereka mengetikkan langsung teks mereka di aplikasi Note dari hand phone masing-masing.
Setelah selesai mengetik, peserta didik menunjukkan hasil tulisannya kepada guru. Guru akan membaca dan merevisi jika ada kekurangan atau kesalahan pada content, sentences, tenses, grammar, dan lainnya. Segera setelah teksnya sudah dikonsultasikan kepada guru, maka peserta didik harus memindahkan hasil ketikan mereka ke aplikasi Canva. Mereka dibebaskan menggunakan berbagai template yang tersedia yang berhubungan dengan dream job masing-masing. Lalu, peserta didik mengunggah hasil teks yang sudah dikreasikan dengan aplikasi Canva di akun media sosial Instagram masing-masing. Mereka juga bebas menggunakan fitur yang ada di Instagram, seperti menambahkan English song, location, hastag dan sebagainya. Peserta didik juga wajib tag akun Instagram guru, agar bisa segera diview dan dinilai. Kemudian, peserta didik mencetak nya ke dalam selembar kertas dan dikumpulkan. Adanya tugas membuat teks dream job, peserta didik diharapkan mampu kembali refresh pikiran mereka belajar Bahasa Inggris. Selain itu mereka juga mampu mengenali diri dan mengetahui cita-citanya di masa depan. Serta membuka wawasan peserta didik tentang macam-macam pekerjaan, karena sebentar lagi mereka lulus SMK dan melanjutkan ke jenjang pekerjaan. “Dream, believe and make it happen.”
Penulis : Nurul Rahmawati, S.Pd., Guru SMKN 1 Tuntang