SEKILAS INFO
: - Senin, 06-02-2023
  • 12 bulan yang lalu / SMK Negeri Satu Atap Tuntang membuka pendaftaran penerimaan anggota OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah) tahun pelajaran 2022/2023, bagi peserta didik yang masih aktif bersekolah di SMKN Satu Atap Tuntang. Pendaftaran ini dilakukan melalui tautan Google Form yang dibagikan melalui grup WhatsApp kelas, oleh masing-masing wali kelas. Melalui tautan yang telah dibagikan, peserta didik harus mengisi...
  • 1 tahun yang lalu / SMKN 1 Tuntang mengucapkan Selamat Tahun Baru 2022
  • 1 tahun yang lalu / SMKN 1 Tuntang mengucapkan Selamat Hari Natal bagi Umat Kristiani
Bintek Penguatan Kompetensi Guru SLB Penggerak Jawa Tengah

Program Sekolah Penggerak adalah upaya untuk mewujudkan visi Pendidikan Indonesia dalam mewujudkan Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian melalui terciptanya Pelajar Pancasila. Program Sekolah Penggerak berfokus pada pengembangan hasil belajar siswa secara holistik yang mencakup kompetensi (literasi dan numerasi) dan karakter, diawali dengan SDM yang unggul (kepala sekolah dan guru).

Program Sekolah Penggerak merupakan penyempurnaan program transformasi sekolah sebelumnya. Program Sekolah Penggerak akan mengakselerasi sekolah negeri/swasta di seluruh kondisi sekolah untuk bergerak 1-2 tahap lebih maju. Program dilakukan bertahap dan terintegrasi dengan ekosistem hingga seluruh sekolah di Indonesia menjadi Program Sekolah Penggerak.

Pada jenjang SLB, ada empat sekolah penggerak yaitu SLB Yapenda Kabupaten Demak, SLB Mutiara Bangsa Kendal, SLB Negeri Temanggung dan BC Dharma Anak Bangsa, Klaten. Guna meningkatkan kompetensi guru pada empat SLB tersebut dilaksanakan Workshop Peningkatan Kompetensi Guru SLB Penggerak Jawa Tengah di Hotel Nugraha Wisata Bandungan selama tiga hari.

Salah satu materi yang dibahas adalah Digitalisasi Sekolah bersama narasumber Ardan Sirodjuddin, Kepala SMKN 1 Tuntang dan Plt Kepala SMKN H Moenadi Ungaran. Narasumber memaparkan apa itu Digitalisasi Sekolah dan bagaimana mewujudkannya.

Salah seorang peserta Bapak Agus Istanto dari SLB BC Dharma Anak Bangsa, Klaten mengatakan “Kegiatan Bimtek Peningkatan Kompetensi Guru SLB pada sekolah Penggerak Jawa Tengah dari tanggal 1s.d 3 oktober 21 pada materi literasi digital sangat tepat. Guru dengan praktik langsung,  yang nantinya dapat diaplikasikan ke sekolah. Peningkatan kompetensi guru slb penggerak  dapat diimbaskan pada sekolah di kabupaten/kota masing.  Sangat luar biasa juga  adanya classroom yang telah dibuat menjadi tantangan yg sangat luar biasa. Terima kasih”.

Sementara Ibu Ina Sulanti, S.Pd, M.Pd sejalan dengan pendapat Bapak Agus Istanto. “Kegiatan Bimtek Peningkatan Kompetensi Guru SLB pada sekolah Penggerak Jawa Tengah sangat bagus, menginspirasi dan memotivasi teman-teman guru untuk lebih giat belajar IT, sehingga bisa mengimbangi perkembangan jaman saat sekarang yang semua digital. Selaku unsur dan bagian sekolah penggerak, ke depan harus  mampu mewujudkan digitalisasi sekolah, “Ujar Kepala SLB Negeri Temanggung.

Penulis : Nurul Rahmawati, M.Pd, Guru SMKN 1 Tuntang

1 komentar

ina sulanti, Senin, 4 Okt 2021

materi literasi digital yg disampaikan Bapak Ardhan sgt tepat srkali utk guru2 sekolah penggerak , dimana pd era digitalisasi ini guru hrs mampu mengikuti perkembgn teknologi yg sgt pesat bila tdk ingin tergilas dg kemajuan jaman. apalagi dimasa pandemi ini semua serba on line

Balas

TINGGALKAN KOMENTAR

Tefa Prodi TKJ

Majalah SMKN 1 Tuntang

Data Sekolah

SMKN 1 Tuntang

NPSN : 6990563

Jl. Mertokusumo Candirejo Tuntang Kabupaten Semarang
KEC. Tuntang
KAB. Semarang
PROV. Jawa Tengah
KODE POS 50131
TELEPON 081390220602
FAX 0723-1234567
EMAIL smkn1tuntang@gmail.com

Novel Karya Siswa

Toilet SMKN 1 Tuntang

Tefa Prodi Tata Busana

Laboratorium Komputer

Kalender

Februari 2023
S S R K J S M
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728