SEKILAS INFO
: - Minggu, 19-09-2021
  • 1 bulan yang lalu / Pemenang Lomba Guru Menulis SMKN 1 Tuntang akan diumumkan hari ini pukul 09.45 WIB.
  • 1 bulan yang lalu / SMKN 1 Tuntang mengucapkan Dirgahayu Propinsi Jawa Tengah ke 71
  • 1 bulan yang lalu / SMKN 1 Tuntang mengucapkan Selamat Tahun Baru Islam 1443 H
Tips Asyik Memotivasi Siswa Belajar Online di Rumah

Selama masa pandemi ini, semua kegiatan nyaris dilakukan serba online. Mulai dari belanja, bekerja bahkan belajar juga dilakukan secara online. Kita seharusnya patut bersyukur karena dengan adanya teknologi yang canggih, sehingga kita bisa beraktivitas walaupun dengan beberapa keterbatasan.

Selama pandemi pula kita harus beradaptasi dengan situasi baru, salah satunya belajar secara online. Pembelajaran dilakukan lewat aplikasi yang telah disediakan. Proses belajar mengajar harus tetap berjalan untuk menuntaskan masa studi. Tapi belajar online punya tantangan sendiri, yaitu menekan rasa malas para siswanya. Supaya siswa tidak mager, berikut ini ada beberapa tips yang dapat digunakan supaya siswa tetap semangat belajar online di rumah :

Pertama : Membuat suasana tempat belajar yang menyenangkan dan nyaman agar siswa betah belajar serta pastikan koneksi internet baik dan stabil. Kenyamanan memang faktor penting membuat mood belajar jadi bagus. Suasana yang tenang bikin konsentrasi tidak mudah pecah, sehingga siswa jadi menyerap pelajaran dengan cepat. Karena selama belajar online, siswa hanya bertatapan via ponsel atau laptop. Siswa harus lebih aktif, maka sesekali perlu ganti posisi duduk biar badan tidak kaku. Kondisi dan suasana rumah yang  nyaman akan membantu siswa memahami pelajaran. Baik di sekolah ataupun rumah pada intinya tetap sama-sama belajar, hanya lokasinya saja yang berbeda.

Kedua : Belajar yang efektif bukanlah begadang semalam suntuk, jangan lupa istirahat yang cukup agar badan dan pikiran jadi rileks. Belajar yang baik tidak harus sampai lewat tengah malam, nantinya malah buat stres dan pusing. Sesekali, lakukan peregangan sederhana supaya tidak suntuk dan bosan karena terlalu lama belajar.

Ketiga : Mengatur barang-barang yang ada di sekitar tempat belajar supaya rapi, sehingga membuat betah belajar. Mengorganisir barang-barang di sekitar tempat belajar itu sangat penting. Coba bayangkan bagaimana bisa belajar dengan baik kalau buku-buku berserakan, itu malah buat mager dan malas mengerjakan tugas. Sebab itu, letakkan barang-barang pada tempatnya. Jika sewaktu-waktu ingin dipakai itu menjadi tidak bingung mencarinya. Meja belajar yang rapi akan buat mood belajar tambah bagus.

Keempat : Membuat rangkuman pada sticky notes sebagai pengingat materi belajar. Jika siswa termasuk golongan tipe pelupa dan lumayan malas buka buku catatan, maka ada solusi supaya tetap bisa belajar dengan baik. Gunakan sticky notes warna-warni sebagai catatan, buatlah rangkuman pada sticky notes dan tempelkan di dinding atau meja belajar. Warna warni pada sticky notes akan menarik minat untuk membaca. Dengan begitu siswa tidak akan lupa dengan materi yang diajarkan oleh guru. Siswa juga bisa pakai pulpen atau highlighter warna-warni agar tulisannya tidak monoton, dijamin akan buat belajar online jadi semakin menyenangkan.

Kelima : Mencari tempat belajar yang pencahayaannya baik dan menghadap langsung dengan pemandangan supaya mood belajar menjadi meningkat. Pencahayaan yang baik akan membantu siswa belajar dengan benar. Selain bagus untuk mata, juga baik untuk menjaga konsentrasi. Akan semakin menyenangkan kalau menghadap dengan jendela dengan angin sepoi-sepoi yang menyegarkan. Jika bosan, siswa bisa menatap langit biru atau sekadar melihat pemandangan di luar rumah. Selama belajar online, siswa harus pandai menciptakan suasana supaya tidak mudah bosan.

Keenam : Supaya lebih menyenangkan selama belajar online, siswa bisa juga dilakukan sambil ngemil dan mendengarkan musik. Makanan enak memang tidak pernah gagal bikin hati senang. Selama belajar online, tidak masalah kalau diselingi camilan dan minuman yang enak. Kalau masih kurang puas, bisa juga diselingi dengan menyetel musik favorit. Yang terpenting bisa membantu siswa giat belajar. Untuk cemilan makanan, tetap perhatikan anjuran kesehatan dab pilih makanan yang bergizi supaya tetap sehat.

Ketujuh : Siswa harus tetap menjaga konsentrasi. Belajar di rumah bukan kesempatan untuk malas-malasan. Kalau sudah waktunya belajar, siswa harus serius. Sistem belajar online bukan alasan, sehingga produktivitas siswa turun.

Itulah tips yang bisa dicoba untuk memotivasi siswa selama belajar di rumah. Situasi pandemi seperti sekarang memang menyulitkan, tapi tidak boleh menurunkan semangat belajar para siswa yang nantinya akan menjadi generasi penerus bangsa.

Penulis : Tutik Widiyandari, S.Pd
Editor : Nurul Rahmawati, M.Pd

Pengumuman sebelumnyaMenjadikan Guru Profesi yang Membanggakan Pengumuman setelahnyaMembentuk Karakter Untuk Membangun Mental Siswa

Tefa Prodi TKJ

Majalah SMKN 1 Tuntang

Data Sekolah

SMKN 1 Tuntang

NPSN : 6990563

Jl. Mertokusumo Candirejo Tuntang Kabupaten Semarang
KEC. Tuntang
KAB. Semarang
PROV. Jawa Tengah
KODE POS 50131
TELEPON 081390220602
FAX 0723-1234567
EMAIL smkn1tuntang@gmail.com

Novel Karya Siswa

Toilet SMKN 1 Tuntang

Agenda

Tefa Prodi Tata Busana

Laboratorium Komputer

Kalender

September 2021
S S R K J S M
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930