SEKILAS INFO
: - Minggu, 14-08-2022
  • 6 bulan yang lalu / SMK Negeri Satu Atap Tuntang membuka pendaftaran penerimaan anggota OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah) tahun pelajaran 2022/2023, bagi peserta didik yang masih aktif bersekolah di SMKN Satu Atap Tuntang. Pendaftaran ini dilakukan melalui tautan Google Form yang dibagikan melalui grup WhatsApp kelas, oleh masing-masing wali kelas. Melalui tautan yang telah dibagikan, peserta didik harus mengisi...
  • 7 bulan yang lalu / SMKN 1 Tuntang mengucapkan Selamat Tahun Baru 2022
  • 7 bulan yang lalu / SMKN 1 Tuntang mengucapkan Selamat Hari Natal bagi Umat Kristiani
SMAN 2 Mranggen Belajar SIM Manajemen di SMKN 1 Tuntang

Rabu, 24 Maret 2021, SMA Negeri 2 Mranggen Demak melakukan kunjungan studi tiru di SMK Negeri 1 Tuntang. Kunjungan yang diikuti oleh 5 orang guru SMKN 2 Mranggen tersebut, bertujuan untuk mempelajari Sistem Informasi Manajemen atau SIM. SIM berasal dari Bahasa Inggris yakni management information system. Pengertiannya adalah sistem perencanaan bagian dari pengendalian internal dalam bisnis yang terdiri atas pemanfaatan dokumen, manusia, teknologi serta prosedur dalam akuntansi manajemen. Terkait dengan hal itu, SMKN 1 Tuntang tidak pelit berbagi ilmu dengan sekolah-sekolah lain.

SIM yang diaplikasikan oleh SMKN 1 Tuntang digunakan untuk pengendalian Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dan School Management System atau sistem manajemen sekolah. Sejak diterapkannya PJJ tahun lalu, SMKN 1 Tuntang mulai mengembangkan SIM untuk mempermudah memanage sekolah.

Data-data mengajar yang harus diisi antara lain, nama guru, kelas, mata pelajaran, uraian kegiatan pembelajaran, jumlah siswa hadir, jumlah siswa tidak hadir, nama siswa tidak hadir, deskripsi tugas, dan lain-lain. Dari data itu, kepala sekolah dapat mengaksesnya, sehingga dapat memantau agenda mengajar setiap guru. Serta dapat mengkalkulasi dan mengkontrol tugas yang diberikan guru kepada peserta didik dalam bentuk persen. Nantinya hasil tersebut akan dibagikan juga kepada orang tua siswa dalam bentuk PDF, sehingga mereka tahu perkembangan putra-putrinya.

Satu lagi yang harus diisi oleh guru adalah ‘E-Kinerja.’ Dalam E-Kinerja tersebut guru dan karyawan harus menginput semua kegiatan yang berhubungan dengan tupoksi masing-masing dalam satu hari. Data tersebut nantinya akan direkap setiap bulannya. Data ini juga mempermudah kepala sekolah mengetahui kinerja para guru, serta bisa menjadi sarana perbaikan guru yang mungkin memiliki kinerja kurang maksimal.

Cahyanti Tantriana, salah satu guru yang mengikuti kegiatan studi tiru ini mengungkapkan, “Terima kasih kami ucapkan karena kami diberi kesempatan untuk menimba ilmu, Manajemen Sekolah SMKN 1 Tuntang luar biasa.” Kepala SMKN 1 Tuntang, Bapak Ardan Sirodjuddin, S.Pd menyambut baik sekolah mana saja yang akan menimba ilmu di SMKN 1 Tuntang. “Kami selalu siap untuk berbagi ilmu kepada siapapun. Semoga ilmu yang kami bagi dapat berguna dan bermanfaat bagi orang atau sekolah lain.”

Penulis Nurul Rahmawati E, M.Pd. Guru SMKN 1 Tuntang

Tefa Prodi TKJ

Majalah SMKN 1 Tuntang

Data Sekolah

SMKN 1 Tuntang

NPSN : 6990563

Jl. Mertokusumo Candirejo Tuntang Kabupaten Semarang
KEC. Tuntang
KAB. Semarang
PROV. Jawa Tengah
KODE POS 50131
TELEPON 081390220602
FAX 0723-1234567
EMAIL smkn1tuntang@gmail.com

Novel Karya Siswa

Toilet SMKN 1 Tuntang

Tefa Prodi Tata Busana

Laboratorium Komputer

Kalender

Agustus 2022
S S R K J S M
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031